Ketua DPR Minta Semua Pihak di Papua Bisa Menahan Diri

Rabu, 21 Agustus 2019 - 18:29 WIB
Ketua DPR Minta Semua Pihak di Papua Bisa Menahan Diri
Ketua DPR Minta Semua Pihak di Papua Bisa Menahan Diri
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta saudara-saudara sebangsa di Papua bisa menahan diri, begitupun dengan berbagai pihak lainnya dari mulai aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, hingga berbagai elemen masyarakat.

Hal ini dikatakan politisi yang akrab disapa Bamsoet ini menyikapi sejumlah kerusuhan di beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat. Menurutnya, dari peristiwa ini jangan sampai para provokator memanfaatkannya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

(Baca juga: Pantau Kondisi Papua Barat, Jokowi Telepon Gubernur Mandacan)

"Dari sejak awal perjuangan kemerdekaan hingga kini, Papua adalah bagian dari NKRI. Masyarakat Papua adalah masyarakat Indonesia, Tidak ada perbedaan, tidak ada perpecahan," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

"Bahkan pada tahun 1956 saat berpidato di Kongres Amerika Serikat, Bung Karno dengan tegas menyatakan Indonesia belum sempurna manakala Papua belum kembali ke pangkuan," tambahnya.

Bagi Bamsoet, kejadian pembakaran sejumlah fasilitas umum seperti Gedung DPRD Papua Barat dan gedung ruang pamer mobil di Manokwari, kemarin atau yang terbaru pembakaran Pasar Tradisional Tambaruni di Kota Fak-Fak, Papua Barat, tidak boleh melebar.

"Kita tentu menyayangkan berbagai tindakan rasis dan diskriminatif yang sebelumnya sempat terjadi terhadap saudara-saudara kita warga Papua. Saya yakin, kebesaran hati masyarakat Papua akan bisa memberikan maaf," tegas Bamsoet.

(Baca juga: Pascarusuh Manokwari, PDIP Sebut Pemerintah Tak Serius Urus Papua)

Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Golkar 2014-2016 ini berharap, Bangsa Indonesia bisa memetik pelajaran atas peristiwa ini. Jangan lagi ada yang merasa lebih unggul dari saudara sebangsa lainnya.

"Wali Kota Malang, Wali Kota Surabaya, Gubernur Jawa Timur, serta jajaran pemerintah pusat sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Papua dan Papua Barat. InshaAllah, berkat doa dan kerja sama semua pihak, tanah Papua bisa kembali damai," pungkas Bamsoet.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)