Antisipasi Polri Lancarkan Lalin Libur Panjang Diapresiasi

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:04 WIB
loading...
Antisipasi Polri Lancarkan Lalin Libur Panjang Diapresiasi
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono bersama Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Rudy A saat meninjau Pos Pengamanan Libur Panjang Tol Japek Km 62 B Karawang. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kondisi arus lalu lintas pada libur panjang Tahun Baru Islam yang terpantau aman dan lancar tidak terlepas dari peranan Polri dalam hal ini Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri yang terus berupaya menerapkan manajemen lalu lintas dan antisipasi yang baik.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari pakar bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology) dari Universitas Indonesia Prof Guritnaningsih P Santoso. Guru Besar dari UI ini mengatakan bahwa peningkatan kualitas kerja Korlantas dalam mengatur lalu lintas semakin kuat.

"Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat," katanya melalui pesan WhatsApp, Senin (24/8/2020).( )

Selain itu, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya Koordinasi yang baik antarjajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas tersebut sehingga setiap kebijakan-kebijakan selalu kompak dijalankan dengan maksimal.

"Hal itu tentunya terbentuk dengan adanya kebijakan yang secara internal Korlantas disosialisasikan ke jajaran Korlantas di daerah," katanya.

Guritnaningsih pun menilai bentuk kepemimpinan yang baik dengan bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan oleh Kakorlantas sehingga menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

"Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan," katanya.

Sementara itu, apresiasi juga datang dari Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) atas lancarnya lalin arus balik liburan panjang Tahun Baru Islam. "Dalam waktu berdekatan kita ada 3 Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustusan dan Tahun Baru Islam, Polri khususnya Korlantas mampu antisipasi dan bersinergi dengn Kemenhub dan Dishub daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi," ujar Varhan Abdul Azis, Sekretaris Eksekutif IBSW.( )

Diketahui, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan patroli memantau ruas tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan kelancaran arus balik long weekend Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dari luar daerah menuju Jakarta. Kakorlantas yang saat itu didampingi oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksa, Wadirlantas Polda Jabar AKBP Ahmad Fuady dan Wakapolres Karawang Kompol Faisal Pasaribu menyampaikan bahwa kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau lancar.

"Jadi kita lihat di KM 62 ini, ramai lancar. Jadi hanya tinggal 10% dan 8% kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada hari Minggu ," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)