Jokowi Ajak Artis, Influencer, hingga Relawan ke IKN Dinilai Pemborosan Uang Negara

Rabu, 31 Juli 2024 - 16:53 WIB
loading...
Jokowi Ajak Artis, Influencer,...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para artis dan influencer Tanah Air meninjau jalan tol IKN dengan mengendarai motor. Foto/Dok Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak artis para artis dan influencer Tanah Air ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Mereka makan malam bersama di kawasan glamping IKN, Minggu, 28 Juli 2024 malam.

Beragam menu yang disajikan antara lain nasi goreng, kambing guling, bakso, mi ayam, mi godok, sushi, hingga burger. Jokowi juga sempat mengajak mereka meninjau jalan tol IKN dengan mengendarai motor.

Mereka di antaranya adalah Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Sintya Marisca, Ferry Maryadi, Gading Marten, Poppy Sovia, Willie Salim, Meicy Villia, hingga Dian Ayu Lestari.





Setelah itu, Presiden Jokowi berencana mengajak 500 relawan pendukung ke IKN. Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan, alasan ratusan relawan ke IKN untuk melihat secara langsung legacy yang telah dibangun oleh Presiden Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Anggaran Politik sekaligus Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai mengajak artis, influencer, hingga 500 relawan ke IKN tersebut merupakan pemborosan uang negara.

“Iya, ini hanya menghambur-hamburkan duit negara alias hanya sebuah pemborosan anggaran negara. Presiden Jokowi dengan mengajak artis dan influencer, sejumlah 500 relawan hanya sebuah keputusasaan saja,” ujar Uchok kepada SINDOnews, Rabu (31/7/2024).



Uchok pun yakin setelah Jokowi pensiun dari jabatan presiden, proyek IKN akan mangkrak seperti proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang. Dia juga menilai proyek IKN membuat citra Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka buruk di mata publik.

“Sebetulnya proyek IKN ini mau presiden ingin seperti mobil Esemka. Biarpun mobil Esemka tidak jadi, tapi bisa menjadikan Jokowi jadi Gubernur DKI dan presiden,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)