Pansel Akan Lakukan Profile Assessment Capim KPK yang Lolos Tes Tertulis

Rabu, 31 Juli 2024 - 12:40 WIB
loading...
Pansel Akan Lakukan...
Anggota Pansel Capim KPK, Elwi Danil menyampaikan keterangan pers usai pelaksanaan tes tertulis capim KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Rabu (31/7/2024). FOTO/MPI/ARI SANDITA
A A A
JAKARTA - Para pendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( capim KPK ) telah selesai mengikuti tes tertulis di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Rabu (31/7/2024). Peserta tes yang lolos tes tertulis bakal diumumkan pada 8 Agustus 2024.

Anggota Pansel Capim KPK, Elwi Danil mengatakan, hasil tes tertulis capim dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK bakal diperiksa dan dinilai oleh proofreader yang ditunjuk oleh Pansel. Mereka semua dari kalangan akademisi dan orang-orang yang ahli di bidangnya.

"Keseluruhannya dapat kami sampaikan untuk Capim KPK itu ada 9 pertanyaan dan 9 pertanyaan itu merupakan 4 pertanyaan wajib dan dua pertanyaan pilihan dari 5 pilihan pertanyaan yang tersisa. Masing-masing pertanyaan itu punya bobot dan keenamnya akan memiliki bobot 100," katanya kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).



Pansel akan melakukan profil assessment terhadap pendaftar Capim KPK yang lolos tes tertulis. "Mereka yang dinyatakan lolos pada tes tertulis ini nanti akan dilakukan profile assessment," ujarnya.

Menurut Elwi Danil, nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada Kamis, 8 Agustus 2024 melalui website Kemensetneg dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi capim dan dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029.

"Tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024, melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id, atau melalui email ke [email protected] dan [email protected]," tuturnya.

Sudirman Said Yakin Lolos

Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said yakin bakal lolos dalam tes tertulis capim KPK. "Ya kalau ujian harus yakin lah, tapi nanti kita hormati ya keputusan pansel, apa pun. Saya percaya karena yang melamar ratusan orang, maka 10 yang dipilih oleh pansel yang terbaik," katanya kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).

Menurutnya, isu yang dibutuhkan KPK adalah solusi tentang kepemimpinan. Manakala terpilih, pemimpin wajib melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat integritas, kompetensi, dan kekompakan internal.

"Itu menjadi tema makalah kan pada waktu kita calon pimpinan menulis makalah, bagaimana membangun kembali integritas dan kredibilitas KPK karena itu prioritas dari pimpinan KPK," katanya.

"Saya prioritas sekarang (ikut Capim KPK) adalah mengembalikan reputasi KPK, pimpinan KPK ke depan itu tugas utamanya adalah konfigurasi internal, menampilkan diri sebagai teladan, menampilkan keteladanan," tutur Sudirman.

Dengan menampilkan keteladanan sebagai pemimpin, kepercayaan publik akan terbangun dan KPK bisa dipercaya, tidak hanya oleh masyarakat, tetapi oleh lembaga penegakan hukum lain. Itu tentunya menjadi prioritas yang harus dilakukan ke depan.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)