Penyebab Kalangan Selebritis Pede Maju Pilkada 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 10:57 WIB
loading...
Penyebab Kalangan Selebritis...
DPP Partai Demokrat saat resmi mendukung pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto. Foto/Nur Khabibi
A A A
JAKARTA - Sejumlah kalangan selebritis menyatakan diri siap bertarung di Pilkada 2024. Salah satunya komika Marshel Widianto yang resmi diusung Partai Gerindra menjadi bakal Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, fenomena selebritis maju di pilkada memang tak bisa dibendung akibat sistem politik yang liberal. "Partai gagal jalankan fungsinya berupa rekrutasi dan kaderisasi kepemimpinan, sehingga terjebak dalam dilema popularitas," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Selasa (23/7/2024).

Dia menjelaskan, sistem politik yang berkembang saat ini memungkinkan tokoh populer lebih mudah mendapatkan suara, karena pemilih hari ini lebih condong memilih karena faktor kesukaan dibanding kapasitas. Menurutnya, fenomena inilah yang kemudian direspons kalangan selebritis.



Dia menilai, ada semacam ketertarikan dan tren di kalangan selebritis yang percaya diri (pede) atas popularitas yang dimilikinya. Parpol disebutnya hanya mengambil keuntungan dari popularitas tokoh atau publik figur yang diusung, meskipun minim pengalaman.

"Itu alasan mengapa tren selebritis banyak masuk parpol, bisa saja bukan karena keinginan utama selebritis, tetapi adanya tawaran parpol," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)