2 Sosok Letjen TNI AD yang Bersiap Pensiun, Nomor 1 Teman Seangkatan Eks KSAD Dudung Abdurachman

Jum'at, 19 Juli 2024 - 08:00 WIB
loading...
2 Sosok Letjen TNI AD...
Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan), Letjen TNI Budi Prijono merupakan salah satu jenderal bintang tiga yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Foto/Kemhan
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi dua Pati TNI Angkatan Darat (AD) dalam rangka pensiun pada 14 Juni 2024 lalu. Keduanya tercatat berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI .

Rotasi ini merupakan bagian dari mutasi 18 Pati TNI dari Matra Darat dan Udara. Pati TNI yang dimutasi terdiri dari 2 pati bintang tiga, kemudian 8 pati bintang dua, 5 pati bintang satu, dan 3 kolonel.



Kebijakan mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/683/VI/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia itu ditetapkan Panglima TNI pada 14 Juni 2024 lalu.

Profil 2 Letjen TNI yang Bersiap Pensiun

1. Letjen TNI Budi Prijono

2 Sosok Letjen TNI AD yang Bersiap Pensiun, Nomor 1 Teman Seangkatan Eks KSAD Dudung Abdurachman


Pertama ada sosok Letjen TNI Budi Prijono. Ia menjabat Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebelum dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur pada 16 Juni 1966 ini menduduki jabatan tersebut sejak 27 Juni 2022. Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana.

Budi Prijono merupakan teman seangkatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman. Keduanya sama-sama lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988. Bedanya, Letjen TNI Budi Prijono dari kesatuan Korps Perhubungan (CHB).

Lulus dari Akmil, karier Budi Prijono di militer cukup cemerlang. Beberapa jabatan penting pernah diembannya antara lain, Kahubdam IV/Diponegoro pada 2009. "Kemudian Asrendam XVI/Pattimura, Paban I/Ren Slogad, dan Dirhubad selama dua tahun periode 2015-2017," bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews, Jumat (19/7/2023).

Tidak hanya itu, Budi Prijono juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Dansatkomlek TNI, kemudian Kabaranahan Kemhan, Dirjen Renhan Kemhan, hingga akhirnya diangkat menjadi Irjen Kemhan.

Dalam bidang akademisi, Budi Prijono juga merupakan sosok prajurit TNI yang banyak mengenyam pendidikan seperti Sekolah Dasar Kecabangan (Sesarcab) Hub, Dik PARA, Diklapa I dan II serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 2003. Termasuk United Nation Military Observer Course pada 2005, Sus Pengadaan LN (FMS) Program USA pada 2006, Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI serta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannnas) pada 2014.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)