Pansus Haji: Nurani, Kursi atau Money?

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:21 WIB
loading...
A A A
Taruhan Pansus ini sangatlah besar. Jika Pansus Haji gagal menjawab tanggung jawab besar ini, pasti menjadi bumerang alias berbalik arah. Pansus akan dicemooh. Dan, ketidakpercayaan (distrust) publik terhadap lembaga legislatif di negeri ini pun kian tebal.

Nurani, kursi, dan money semuanya memiliki daya tarik sekaligus implikasi. Keteguhan untuk bersikap dan bertindak menjadi wakil dan pelayan rakyat yang sejati ini tentu perlu dipegang kuat. Ini selaras dengan nasihat yang pernah disampaikan KH M Cholil Bisri (Wakil Ketua MPR 2002-2004), "Pemimpin tidak hanya membutuhkan orang-orang yang bersedia melayaninya, tapi juga menghajatkan orang-orang yang diajak berbicara, yakni khudama dan julasa yang porsinya seimbang. Khudama yang bermakna pelayan meladeni kebutuhan nafsu, sedang julasa yang bermakna kawan bicara ini melayani kebutuhan hati nurani".

Khudama tanpa julasa membuat pemimpin otoriter, sedang julasa tanpa khudama menjadikan pemimpin kehilangan kewibawaan. Kita tentu tak ingin para pengusung Pansus Haji malah dibuat kecele, malu dan hancur wibawanya karena hanya bermodal umbaran nafsu belaka plus tak benar-benar berangkat dari hati nurani.
(abd)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)