Buka PKN II, Menag Tegaskan Bakal Terus Lakukan Inovasi Digital

Senin, 15 Juli 2024 - 16:01 WIB
loading...
Buka PKN II, Menag Tegaskan...
Menag Yaqut Cholil Qoumas membuka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Nasional (PKN) II Angkatan XXVII. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Nasional (PKN) II Angkatan XXVII. Dalam pembukaan tersebut, Gus Men, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas berkomitmen terus melakukan inovasi digital.

Di hadapan 60 peserta PKN, Gus Men menegaskan Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan inovasi digital untuk layanan umat melalui Pusaka Super Apps yang semua layanan keagamaan ada di sana.

"Ini menjadi aplikasi yang menyatukan sekitar 4.000 aplikasi sebelumnya menjadi satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat beragama," ujarnya saat pembukaan PKN II di Gedung HM Rasjidi, Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (15/7/2024).



Mengusung tema ‘Digitalisasi Layanan Umat yang Premium dan Terjangkau’, Gus Men berharap pada para peserta untuk bisa mengikuti pelatihan ini sebaik-baiknya, karena beragam perubahan yang telah dilakukan oleh peserta PKN di dua angkatan sebelumnya sangat mendukung kinerja Kementerian Agama.

"Oleh karena itu, PKN II kali ini temanya yang khusus yaitu digitalisasi, kami berharap hasil dari bisa digunakan sebagai bagian dari melakukan perbaikan-perbaikan di Kementerian Agama," ucapnya.



Menurut Gus Men, transformasi digital ini menjadi pilihan yang mutlak harus dilakukan, mengingat saat ini Kemenag memiliki lebih dari 5.000 satuan kerja. Sehingga kalau transformasi digital ini tidak dilakukan oleh Kemenag maka daya jangkau terhadap satuan kerja tersebut tidak mungkin untuk bisa dilakukan.

"Dalam tiga tahun terakhir ini kita bisa berproses secara cepat dan mulai terbentuk mindset digital di seluruh ASN Kementerian Agama," paparnya.

Dikatakan Gus Men, telah banyak inovasi yang dilakukan dan bukan hanya harus dilakukan karena mindset atau karena keterbatasan, tetapi juga lebih penting adalah keberanian untuk melakukan inovasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)