Shinzo Abe Temui Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi

Sabtu, 29 Juni 2019 - 11:59 WIB
Shinzo Abe Temui Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi
Shinzo Abe Temui Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disela-sela foto bersama pada pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara itu memastikan penyelesaian general review untuk Perjanjian Kerja sama Kemitraan Ekonomi antara Jepang dan Indonesia (JIEPA). Termasuk memutuskan untuk melanjutkan negosiasi dalam mengamandemen perjanjian tersebut berdasarkan general review yang diharapkan selesai akhir tahun ini.

Selain itu, kedua belah pihak juga menegaskan tekadnya untuk mencapai persetujuan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang modern, komprehensif, berkualitas tinggi serta saling menguntungkan pada tahun ini," kata Jokowi, Sabtu (29/6/2019).

Pada pembahasan isu inklusivitas dalam ekonomi digital dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada KTT G20, Presiden Jokowi memaparkan pentingnya Inclusive Digital Economy Accelerator Hub atau IDEA Hub. Usulan IDEA Hub ini dicetuskan untuk mengurangi angka kesenjangan sosial dan ekonomi antarnegara.

"IDEA Hub pada dasarnya merupakan tempat mengkurasi, mengelola, dan berbagi pengalaman model bisnis digital para Unicorn anggota G20," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pembelajaran terhadap model bisnis digital dalam IDEA Hub tersebut mencakup tiga area informasi, yakni sharing economy, workfoce digitalization, dan financial inclusion. Ketiga area informasi itulah yang diharapkan dapat mengurangi ketimpangan ekonomi antarnegara dan mempercepat ekonomi inklusif secara global.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8224 seconds (0.1#10.140)