Kisah Klasik Tentang Perempuan

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Maka, mereka menganggap Rasus adalah tangan-tangan Semesta yang dihadirkan untuk membantu proses penyeimbangan. Penyeimbang itu memang akhirnya bersedia menerima perannya, walaupun badai yang ia lewatkan begitu luar biasa. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Ini dongeng kecil bermakna besar. Sungguh seperti membaca dongeng, begitulah cara Ahmad Tohari bertutur. Seperti Cok Sawitri yang begitu rapi menerangkan gerak alam beserta isinya, itu pula yang dilakukan Ahmad Tohari. Namun, kali ini saya malah tidak mampu menjelaskan lebih banyak lagi tentang buku ini. Tepatnya, tentang bagaimana seorang maestro menuturkan sebuah kisah klasik tentang perempuan.

Selayaknya kebanyakan buku fiksi yang lahir dari tangan terampil, lebih baik dinikmati saja tanpa perlu dikomentari macam-macam. Itu komentar yang paling sering saya pakai jika kehabisan kata-kata. Dongeng yang baik memang tidak perlu sampai meruwetkan isi kepala pembaca. Dongeng yang baik adalah yang mampu menghadirkan pemahaman utuh untuk pembacanya. Sekian.

Judul buku : Ronggeng Dukuh Paruk

Penulis : Ahmad Tohari

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetak : Edisi 50 Tahun GPU, April 2024

Tebal : 520 halaman

ISBN : 9789792201963
(hdr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)