19 Peserta dari Negara Anggota Colombo Plan Ditatar Soal Iklim

Senin, 17 Juni 2019 - 12:20 WIB
19 Peserta dari Negara Anggota Colombo Plan Ditatar Soal Iklim
19 Peserta dari Negara Anggota Colombo Plan Ditatar Soal Iklim
A A A
JAKARTA - Sebanyak 19 orang peserta dari negara-negara yang tergabung dalam Colombo Plan mengikuti pelatihan untuk menjadi pelatih tentang Sekolah Lapangan Iklim.

Program Kerja Sama Teknik Selatan-Selatan dan Triangular (KTSST) itu diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Sekretariat Colombo Plan.

"Total peserta 19 orang, dari Laos, Myanmar, Indonesia sebagai tuan rumah, Papua Nugini, dan Srilangka," tutur Kepala Bagian Kerja Sama Teknik Selatan Selatan dan Triangular pada Kemensetneg, Ricky Syailendra kepada SINDOnews usai acara pembukaan di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Dia mengatakan, program itu bagian dari kerja sama Teknik Selatan-Selatan dan Triangular yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia.

"Program ini berupaya memberikan pengetahuan bagi para tenaga dari negara-negara Colombo plan mengenai iklim, dan juga mengenai cuaca, yang berguna bagi misalnya program pertanian, dan juga program infrastruktur, lingkungan hidup, kehutanan dan lain-lain," katanya.

Sekadar informasi, Colombo Plan adalah organisasi internasional yang berangotakan 25 negara berkembang dan negara maju yaitu, Afghanistan, Australia, Bangladesh, Bhutan, Fiji, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Papua New Guinea, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Amerika Serikat dan Vietnam.

Keberadaan organisasi ini untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya di wilayah Asia-Pasifik.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0456 seconds (0.1#10.140)