Di Hadapan Menko Polhukam, Plt Ketua KPU Lapor Kesiapan Pilkada 2024

Selasa, 09 Juli 2024 - 14:01 WIB
loading...
Di Hadapan Menko Polhukam,...
Mochammad Afifuddin melaporkan telah melakukan koordinasi dengan Bawaslu serta DKPP setelah dilantik sebagai Plt Ketua KPU. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mochammad Afifuddin melaporkan telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) setelah dilantik sebagai Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) . Melakukan koordinasi dengan Bawaslu, Afifuddin merasa seperti pulang ke rumah sendiri.

Afifuddin melaporkan hal itu, saat menyampaikan pidato dalam rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada 2024 untuk wilayah Sumatra. Turut hadir diagenda tersebut, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, serta perwakilan dari TNI-Polri.

"Kami sudah ke di DKPP ya informal-formal karena bagi kami kesatuan kelembagaan KPU Bawaslu ini penting, kemarin saya datangi Mas Bagja ini kolega saya di Bawaslu lama. Jadi saya seperti pulang ke rumah saja ke Bawaslu, itu saya ngobrol banyak hal," ujar Afifuddin dalam pidatonya, Selasa (9/7/2024).

Dia menyebut hasil pertemuan itu, pihaknya siap bersinergi bersama dan nantinya KPU dan Bawaslu tingkat daerah akan melalukan rapar koordinasi (Rakor) bersama membahas aturan-aturan tentang Pilkada 2024.



"Sehingga ketika di lapangan tidak banyak kesalahpahaman atau dikasih paham yang salah, sehingga harapan kita tidak banyak ledakan persoalan," sambungnya.

Pasalnya, setelah putusan Mahkamah Agung (MA) terdapat aturan baru soal syarat usia calon kepala daerah yang dihitung saat waktu pelantikan.

Maka dari itu kata dia, selain dengan Bawaslu, KPU juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, membahas tentang waktu pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2024.

"Kita sedang menuju tahapan pencalonan, Peraturan KPU pencalonan sudah ditetapkan, diundangkan tinggal beberapa hal yang kaitannya dengan, yang harus kita koordinasikan dengan banyak pihak terutama dengan Pak Mendagri," katanya.

Afifuddin juga menyampaikan, kalau pihaknya telah memastikan Jajaran KPU Daerah, dalam posisi siap melaksanakan gelaran pilkada serentak.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)