UKP Mardiono Borong Dagangan UMKM di Magelang

Rabu, 03 Juli 2024 - 19:49 WIB
loading...
UKP Mardiono Borong Dagangan UMKM di Magelang
Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono mengunjungi stan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berbincang usai kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Atria, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2024). Dalam kesempatan itu, Mardiono memborong dagangan para pelaku UMKM yang ada di lokasi.

Dalam FGD, Mardiono mengatakan dibutuhkan kombinasi dan strategi yang tepat, sumber daya memadai, serta dedikasi dan kerja keras yang konsisten untuk mengembangkan UMKM. Sebab, UMKM sangat memiliki peran penting dalam perekonomian negara Indonesia.

“Maka penting bagi pelaku usaha untuk memiliki visi misi yang jelas, berinovasi, dan beradaptasi di era sekarang ini. Salah satunya memanfaatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan lainnya,” ujar Mardiono.

Terkait peningkatan SDM, dia pun meminta UMKM untuk terus mengikuti peluang pelatihan yang ada dan melakukan pengembangan keterampilan. “Hal ini perlu dilakukan untuk beradaptasi dengan perubahan atau tuntutan pasar. Selain itu, kemitraan dan kolaborasi juga merupakan strategi yang efektif untuk membuka peluang usaha,” imbuhnya.

Dia juga berharap, lewat FDG kali ini dia bisa mendapatkan masukan dan gagasan secara langsung dari para pelaku UMKM. “FGD kali ini adalah untuk mendapatkan masukan, gagasan, serta strategi kebijakan paling efektif untuk berkembangnya UMKM di Jawa Tengah khususnya Magelang. Sekaligus terbangunnya kesepahaman peran dan tanggung jawab berbagai pihak,” kata pria yang juga entrepreneur ini.

Salah satu pelaku UMKM Abdul Kosim mengaku senang dapat berdiskusi langsung di FGD kali ini. Dia berpendapat, FGD kali ini memberikan banyak ilmu dan inspirasi untuk meningkatkan UMKM-nya.

“Cukup menginspirasi bagi kami, semoga acara ini bisa berlanjut. Seperti adanya pelatihan, pendampingan yang bisa dilaksanakan yang bertujuan agar kami para pelaku UMKM bisa naik kelas,” kata Kosim.

FGD kali ini memiliki tema pengembangan keterkaitan industrial untuk penguatan UMKM yang berdaya. Kemudian narasumber yang hadir antara lain Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Dwi Silo Raharjo dan Kepala Bidang UMKM Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang Agustinus Hery Purwanto.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)
pixels