Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Saran untuk Pemerintah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 18:00 WIB
loading...
Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Saran untuk Pemerintah
Partai Perindo mendukung upaya pemerintah dalam menggalakkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hijau. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Partai Perindo mendukung upaya pemerintah dalam menggalakkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) hijau. Konsep UMKM hijau berorientasi pada lingkungan dan akan dilaksanakan mulai 2025.

Ketua Bidang Pendidikan dan Pembangunan Manusia DPP Partai Perindo, Agus Taufiq menjelaskan, pengembangan UMKM hijau sejalan dengan semangat partainya. Perindo, selain fokus pada pengembangan UMKM, juga berpihak pada sistem ekonomi berkelanjutan.

"Ini sejalan dengan semangat Perindo sebagai partai yang berpihak pada sistem perekonomian berkelajutan yang rendah karbon, efisien dalam penggunaan sumber daya, dan inklusif secara sosial," kata Agus saat dihubungi, Sabtu (29/6/2024).



Agus mengungkapkan, konsep UMKM hijau juga harus diterjemahkan dalam langkah-langkah teknis konkret. Jangan sampai konsepnya berhenti di tahapan wacana. "Tentu agar tidak hanya wacana, maka rencana ini perlu diterjemahkan dalam langkah-langkah yang lebih teknis," katanya.

Dia menyarankan tiga langkah teknis yang bisa menjadi masukan bagi pemerintah guna mengembangkan UMKM hijau secara lebih konkret dan optimal. "Pertama, pemerintah perlu menetapkan dulu indeks ekonomi hijau sebagai indikator yang jelas, didefinisikan UMKM hijau itu yang seperti apa, saat ini kan belum ada kebijakannya," katanya.

Kedua, lanjut Agus, perlunya pembuatan regulasi yang jelas dan memberikan edukasi mendalam bagi para pelaku UMKM atau masyarakat yang hendak membuka UMKM hijau tersebut.



"Ketiga dan yang paling penting, memberikan insentif pembiayaan bagi UMKM hijau," katanya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas, Mahatmi Parwitasari Saronto mengungkapkan rencana pemerintah yang tengah mengembangkan UMKM hijau mulai 2025. Mahatmi mengakui pemerintah sadar bahwa UMKM hijau ini masih jauh dari harapan. Selain belum adanya kebijakan yang jelas, Mahatmi berujar rencana tersebut tengah digodok untuk penerapan di 2025.

"Sejauh ini, secara kebijakan belum ditetapkan dengan gamblang disebut bahwa UMKM yang hijau itu seperti apa. Jadi memang untuk yang tahun 2025 ke depan, kita mulai mau merambah ke UMKM hijau," katanya dalam kegiatan peluncuran Small Business Barometer Study Report di Jakarta, Kamis (27/6/2024) lalu.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)
pixels