Bahas Perubahan Iklim, Menteri LHK Gelar Pertemuan Bilateral di Oslo

Rabu, 26 Juni 2024 - 19:20 WIB
loading...
Bahas Perubahan Iklim, Menteri LHK Gelar Pertemuan Bilateral di Oslo
Menteri LHK Siti Nurbaya, pertemuan bilateral di Oslo, Norwegia, Senin 24 Juni 2024. Menteri Siti bertemu dengan John Podesta, Penasihat Senior Presiden AS. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya , pertemuan bilateral di Oslo, Norwegia, pada Senin 24 Juni 2024, terkait perubahan iklim . Menteri Siti bertemu dengan John Podesta, Penasihat Senior Presiden Amerika Serikat (AS).

John Podesta merupakan penasihat untuk kebijakan perubahan iklim internasional (Senior Advisor to the President on International Climate Policy/SPEC).

"Saya bersama delegasi baru mendarat di Oslo hari ini, dan malam ini langsung bertemu Excelency Mr Podesta, merespons surat beliau sebelumnya kepada saya. Pertemuan ini juga untuk menindaklanjuti partnership and friendship saya dengan Excelency Mr. John Kerry," ujar Menteri Siti dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Menteri Siti dan SPEC Podesta membahas komitmen dan upaya kedua negara untuk menguatkan ambisi iklim.



Menteri Siti menyampaikan komitmen Indonesia, untuk memperkuat target kontribusi yang ditetapkan secara nasional atau Nationally Determined Contribution (NDC) dalam kerangka Perjanjian Paris.

"Indonesia telah meningkatkan target penurunan emisi gas rumah kaca menjadi 31,89 persen unconditionally, dan 43,20 persen conditionally. Ini merupakan transisi menuju komitmen Second NDC (SNDC) yang akan diberlakukan untuk pencapaian target pengurangan emisi GRK pada tahun 2031 sampai 2035," ungkap Menteri Siti.

Lebih lanjut, Menteri Siti menjelaskan, dalam perancangan SNDC, ambisi iklim Indonesia, selain aksi yang telah dikomitmenkan di dalam Enhanced NDC, akan memasukkan aksi mitigasi di bidang pertanian dan peternakan untuk mengurangi gas methana.

Lebih lanjut, Menteri Siti menyampaikan, Indonesia telah mempelajari dan berbagi pengalaman dengan United States Forest Service dalam penguatan kapasitas untuk mendukung implementasi strategi Folu Net Sink 2030.

"Indonesia juga bekerja sama dengan United States Environmental Protection Agency untuk mengembangan rencana aksi penurunan emisi gas rumah kaca, khususnya methan, dari sektor limbah," tutupnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)
pixels