Nasaruddin Umar Luncurkan 3 Buku, Ada yang Kaya Referensi dari Filsuf Dunia

Senin, 24 Juni 2024 - 15:24 WIB
loading...
Nasaruddin Umar Luncurkan 3 Buku, Ada yang Kaya Referensi dari Filsuf Dunia
Acara peluncuran tiga buku Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar sekaligus perayaan ulang tahunnya ke-65 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (23/6/2024) dihadiri sejumlah tokoh. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Acara peluncuran tiga buku Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar sekaligus perayaan ulang tahunnya ke-65 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (23/6/2024) dihadiri sejumlah tokoh. Mereka yang hadir di antaranya Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, hingga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Adapun tiga buku yang diluncurkan berjudul Nasionalisme Indonesia, Moderasi Beragama dan Tantangan Masa Depan Umat, serta Fikih Ekonomi Kontemporer. Nasaruddin mengatakan, buku Nasionalisme Indonesia adalah skripsi miliknya saat hendak meraih gelar S1. Kemudian, buku itu diperdalam menjadi salah satu karya terbaiknya. “Nasionalisme Indonesia itu salah satu buku terbaik saya," kata Nasaruddin.

Nasaruddin menjelaskan, buku tersebut menjadi salah satu karya terbaik karena di dalamnya kaya referensi dari filsuf dunia seperti Plato, bahkan Karl Marx. Namun, lanjut Nasaruddin, buku-buku serius semacam ini cenderung tidak laku di Indonesia.



"Tapi yang iseng saya tulis itu yang laku. Jadi ada sesuatu yang valid secara intelektual tapi tidak diminati masyarakat apakah grade bangsa kita seperti ini suka mengonsumsi yang populer," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, buku Nasionalisme Indonesia memuat tentang bagaimana setiap elemen bangsa harus memperlakukan budaya dari luar. Budaya dari luar tidak boleh cuma dianggap sebagai imigran gelap, tidak juga semuanya diadopsi.

"Jadi kalau kita anggap sebagai imigran gelap, akan menghasilkan bangsa itu sendiri. Tapi juga jangan sebaliknya, apa pun yang datang dari luar itu kita terima tanpa selektif. Justru itu saya kemukakan di sini nasionalisme di Indonesia itu kayak apa," katanya.

Sementara itu, OSO menyampaikan selamat atas peluncuran buku-buku dan selamat ulang tahun Nasaruddin Umar. “Sebagai tokoh agama, dia mengakomodir berdasarkan Pancasila. Saya ucapkan selamat ulang tahun semoga panjang umur dan terus berjuang," kata OSO.

Kemudian, OSO menyampaikan pandangannya mengenai sosok Nazaruddin. “Pak Prof Nazaruddin ini benar-benar luar biasa. Dia diterima oleh milenial karena mengingatkan kesabaran, jadi kesabaran diutamakan. Persis seperti jiwanya sendiri menghadapi orang. Cara bicaranya halus," ujar OSO.

JK menuturkan bahwa Nasaruddin Umar merupakan salah satu tokoh besar di Indonesia. “Beliau ini Imam Besar di masjid yang terbesar," ujarnya.

JK mengatakan, Nasaruddin merupakan kiai yang dapat diterima oleh semua pihak. "Selamat ulang tahun. Harapannya, tetap memberikan nasihat, pedoman hidup, dan tetap memberikan kedamaian," pungkas JK.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)
pixels