Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Bersyukur Pilpres Lancar

Rabu, 01 Mei 2019 - 21:07 WIB
Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Bersyukur Pilpres Lancar
Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Bersyukur Pilpres Lancar
A A A
BLITAR - Jelang bulan Ramadhan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar. Tradisi berdoa dan menabur bunga di pusara Bung Karno (BK) ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

“Tradisi nyekar adalah tradisi kultural. Baik untuk Bu Mega maupun untuk keluarga besar PDI Perjuangan,“ ujar Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah mendampingi Megawati, Rabu (1/5/2019).

Di lokasi terlihat sejumlah elite partai banteng moncong putih. Di antaranya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Kemudian Bupati Blitar Rijanto, Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Marhaenis Urip Widodo, dan Ketua DPC PDIP Kota Blitar Said Novandi.

Begitu turun dari kendaraan, Megawati langsung menuju lokasi makam Bung Karno. Mengenakan kemeja putih dipadu celana gelap, Presiden RI kelima itu langsung bersimpuh di depan pusara. Dipimpin juru kunci makam, semuanya memanjatkan doa.

Seperti biasa dalam proses ritual ini, seluruh awak media dilarang mendekat. Juga tidak diizinkan mengambil gambar. Dari kejauhan terlihat doa ditutup dengan menabur bunga. Megawati menaburkan bunga ke atas pusara makam Bung Karno. Kemudian juga masing-masing ke atas pusara ayah dan ibu Bung Karno.

Dalam kesempatan itu, Basarah juga mengatakan Megawati mengucapkan syukur atas lancarnya penyelenggaran tahapan pemilu serentak (Pileg dan Pilpres) 2019. Harapannya kelancaran itu berlangsung hingga pelantikan presiden pada Oktober 2019 mendatang.

“Bu Mega juga mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena proses Pemilu 2019 berjalan lancar dan tertib," kata Basarah.

Usai berziarah, rombongan Megawati langsung menuju ke Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar. Usai makan siang, rombongan langsung bertolak ke Bandara Abdulrachman Saleh Malang guna melanjutkan perjalanan ke Jakarta.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5658 seconds (0.1#10.140)