Alexander Marwata Sangkal Chat dengan SYL di WA: Ada Orang Pakai Foto Saya

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:47 WIB
loading...
Alexander Marwata Sangkal Chat dengan SYL di WA: Ada Orang Pakai Foto Saya
Alexander Marwata membantah pernah menghubungi mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait permintaan bantuan untuk kampung halamannya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata membantah pernah menghubungi mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait permintaan bantuan untuk kampung halamannya. Ia menyebut, fotonya dipergunakan oleh seseorang di aplikasi WhastApp (WA).

"Percakapan WA antara Mentan dengan seseorang yang menggunakan foto profil saya (kemungkinan foto saya diambil dari google)," kata Alex saat dihubungi wartawan, Rabu (19/6/2024).

Alex menegaskan, dirinya tidak pernah memiliki atau menyimpan nomor handphone SYL. "Saya tidak pernah mempunyai dan menyimpan nomor handphone Mentan atau pejabat Kementan yang saat ini sedang berperkara/sidang di pengadilan Tipikor," ujarnya.



Lebih jauh, terkait dugaan dirinya pernah memiliki riwayat berhubungan dengan SYL juga telah diusut oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Dia mengatakan, belum ada bukti pelanggaran etik yang ditemukan Dewas dalam kasus tersebut.

"Saya sudah diklarifikasi Dewas dan sejauh ini tidak ada bukti saya berkomunikasi dengan Mentan atau pejabat Kementan yang sedang berperkara," jelas dia.

Sebelumnya, nama Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata disebut pernah berkomunikasi dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Tujuannya, untuk meminta bantuan program dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk kampungnya di Klaten, Jawa Tengah.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kasdi Subagyono saat dirinya menjadi saksi mahkota untuk Terdakwa SYL dan Muhammad Hatta dalam sidang dugaan pemerasan dan gratifikasi di lingkungan Kementan.

Awalnya, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh menanyakan Kasdi soal dirinya mengetahui adanya komunikasi SYL dengan Pimpinan Lembaga Antirasuah.

Kasdi menyebutkan, dirinya mengetahui komunikasi antara SYL dengan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata yang dalam sidang tersebut ia sebut dengan Alex Marwata. Hal itu ia ketahui saat menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK.

"Saudara mendengar atau Pak Menteri kemudian ada hubungan dengan salah satu pejabat KPK? Pimpinan KPK? Ada hubungan ndak?" tanya Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (19/6/2024).

"Saya tidak ada, pada saat itu memang ada chatting tapi isinya bukan itu , ada chatting beliau disampaikan oleh penyidik kepada saya ada di hp Pak Menteri Ada chatting itu, kemudian...," jawab Saksi.

"Chatting dengan siapa?" cecar Hakim. "Antara Pak Menteri dengan salah satu Pimpinan KPK," jawab Saksi.

"Siapa namanya?" cecar Hakim lagi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)
pixels