Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina untuk Kembangkan Ekosistem Sungai

Minggu, 16 Juni 2024 - 11:47 WIB
loading...
Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina untuk Kembangkan Ekosistem Sungai
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati melihat papan edukasi Gerbang Biru Ciliwung saat acara Festival Ciliwung 2024 di Omah Maja, Margonda, Depok pada Sabtu (15/6/2024). (Foto dok Pertamina)
A A A
DEPOK - PT Pertamina (Persero) ambil bagian dalam pelestarian lingkungan, dengan Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung). Program ini masuk dalam Festival Ciliwung 2024 yang resmi dibuka pada Sabtu (15/6/2024), di Omah Maja, Depok, Jawa Barat.

Festival Ciliwung ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dalam skema Pentahelix. Pentahelix ini melibatkan lima pihak, yakni akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat dan komunitas, serta media.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya berharap, kolaborasi Pentahelix ini terus terjaga sehingga dapat mewujudkan program-program lingkungan yang ada secara luas.
Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina untuk Kembangkan Ekosistem Sungai

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati berharap program Pertamina Gerbang Biru Ciliwung dapat mendukung ekoparian sungai.

"Hari ini merupakan bagian dari tindak lanjut hasil Ministerial Declaration on Water For Shared Prosperity yang ke-10 World Water Forum 2024. Di mana salah satu komitmen yang disepakati adalah mendorong konservasi perlindungan dan keberlanjutan sumberdaya air termasuk air tanah sebagai elemen penting untuk aktivitas manusia dan ekosistem, apalagi air permukaan seperti di sungai melalui pengembangan pengelolaan air berkelanjutan. Terima kasih Pertamina dan seluruh anggota masyarakat, kegiatan hari ini sangat sangat membanggakan," tutur Nurbaya dalam sambutannya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menambahkan, kolaborasi dengan berbagai sektor sangat dibutuhkan. Ke depan, tidak hanya Sungai Ciliwung namun banyak sungai yang dapat dikembangkan di wilayahnya.

“Salah satunya Sungai Cisadane yang merupakan sungai besar setelah Ciliwung yang bisa dikembangkan pemanfaatannya di Kota Depok ini," kata Idris.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa Ciliwung bisa menjadi sungai yang memberikan dampak baik bagi masyarakat. Tak hanya dampak sosial yang baik namun juga lingkungan, ekonomi, dan edukasi.
Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina untuk Kembangkan Ekosistem Sungai

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyerahkan hadiah pada Pelari di acara Festival Ciliwung, Sabtu (15/6). Pertamina turut menyumbang bibit pohon dan perahu karet untuk digunakan di Sungai Ciliwung.

"Pertamina memberikan program Gerbang Biru Ciliwung, yang memiliki tiga pilar utama yakni Gerbang Si Bersih, Gerbang Si Indah, dan Gerbang Si Rahayu. Kami menerapkannya dalam konsep pentahelix (kolaborasi dengan lima pihak) yang akan berdampak luar biasa," ujar Nicke.

Pengembangan Program Gerbang Biru difokuskan menjadi pengelolaan mandiri oleh masyarakat menuju ekoriparian berkelanjutan. Ekoriparian adalah konsep mengembalikan fungsi sungai seperti alaminya, yaitu mengalirkan air sungai secara terus menerus.

"Semoga program-program ini berjalan lancar, mohon support dan doanya agar nantinya kita bisa mewujudkan masyarakat yang sejahtera dari lingkungan di sekitarnya, dalam hal ini melalui keberadaan sungai Ciliwung," tutur Nicke.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)
pixels