Jokowi Sebar 68 Ekor Sapi Kurban ke Seluruh Provinsi hingga IKN

Jum'at, 14 Juni 2024 - 10:31 WIB
loading...
Jokowi Sebar 68 Ekor Sapi Kurban ke Seluruh Provinsi hingga IKN
Presiden Jokowi menyerahkan 68 ekor sapi pada perayaan Iduladha 1445 H/2024 M. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 68 ekor sapi pada perayaan Iduladha 1445 H/2024 M. Seluruh hewan kurban tersebut disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Semua provinsi mendapatkan satu, termasuk Otorita IKN satu," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Heru mengungkapkan bahwa sapi - sapi yang diserahkan kurang lebih bobotnya mencapai 800 kg hingga 1 ton. "Jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton," kata Heru.



Berdasarkan data yang dihimpun sapi yang akan diserahkan Presiden Jokowi sebanyak 68 ekor dengan berbagai jenis yakni simmental, peranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

Sapi yang diserahkan 68 ekor itu, dengan rincian 38 ekor untuk setiap masing-masing pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Untuk Masjid Istiqlal satu ekor, Otorita IKN satu ekor.



Lalu, Masjid tempat Presiden Jokowi akan Salat Idul Adha akan diberikan satu ekor. Sebanyak 27 ekor untuk Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Pemprov Kaltim serta masjid dan ponpes yang berdekatan dengan IKN.

Heru menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan dinas peternakan untuk memastikan kondisi sapi-sapi dalam keadaan baik sebelum diserahkan kepada pemerintah provinsi ataupun masjid-masjid.

"Dan juga dinas dari Dirjen Kementerian Agama. Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan," jelasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)
pixels