Pemeriksaan KPK terhadap Hasto Dinilai Bernuansa Politis

Kamis, 13 Juni 2024 - 21:30 WIB
loading...
Pemeriksaan KPK terhadap Hasto Dinilai Bernuansa Politis
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan kepada wartawan usai diperiksa KPK, Senin (10/6/2024). FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) terhadap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto dinilai sangat kental nuansanya politisnya. Terlebih, seorang penyidik KPK dari Polri Rossa Purbo Bekti memeriksa asisten Hasto, Kusnadi dengan cara mengelabui.

"Ya pasti saja ada politisasi perkara, mungkin perkara itu punya problematika yang serius juga, bahwa mungkin saja bukan tidak mungkin perkara itu ada unsur pidananya tapi perkara itu diungkap karena ada niat politik bukan penegakan hukum," kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas Feri Amsari kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, peristiwa yang menimpa Hasto sangat tidak etis dilakukan oleh lembaga antirasuah tersebut. Ini di tengah kinerjanya menjadi sorotan masyarakat.



"Menurut saya tidak etis karena tujuan dari penegakan hukum tidak ditegakkan. Namun lebih mengedepankan politiknya yang mendominasi proses penegakan hukum," katanya.

Diketahui Hasto telah penuhi panggilan sebagai saksi terkait kasus suap pengurusan Penggantian Antar Waktu (PAW) DPR dengan tersangka Harun Masiku.Tim Jubir KPK Budi Prasetyo membenarkan penyidik telah melakukan penyitaan ponsel Hasto Kristiyanto. Dia beralasan, hal itu bagian dari proses penyidikan.

"Terkait penyitaan handphone milik alat bukti Saudara H (Hasto), disampaikan bahwa barang bukti elektronik adalah salah satu alat bukti dalam pembuktian perkara tindak pidana korupsi. Penyitaan handphone milik saudara H adalah bagian dari kewenangan penyidik dalam rangka mencari bukti-bukti terjadinya peristiwa tindak pidana korupsi dimaksud," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)
pixels