Hormati Korban Terorisme, Masyarakat Diajak Hening Selama Dua Menit

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 09:29 WIB
loading...
Hormati Korban Terorisme, Masyarakat Diajak Hening Selama Dua Menit
Aksi solidaritas untuk korban ledakan bom Sarinah di Taman Cikapayang, Dago, Kota Bandung, Jawa Barat, 15 Januari 2016 silam. Foto/SINDOnews/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan Aksi Hening Suara dan Hening Aktivitas selama 2 menit pada tanggal 21 Agustus 2020, tepat pada pukul 10.00 wib serentak secara nasional.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, aksi hening didedikasikan untuk mengenang korban serangan terorisme di Indonesia dan di belahan dunia lainnya.⁣

"Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui betapa pentingnya tanggal 21 Agustus bagi para korban dan penyintas terorisme. Majelis Umum PBB melalui resolusinya menetapkan 21 Agustus sebagai Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional kepada Korban Terorisme, untuk menghormati dan mendukung para korban dan penyintas terorisme di seluruh dunia," tutur Hasto, Kamis 20 Agustus 2020.

Hasto juga mengajak masyarakat untuk meramaikan dunia maya melalui sosial media masing-masing, dengan unggahan yang bertujuan memberikan penghormatan dan dukungan kepada semua korban peristiwa terorisme.

Menurut dia, terorisme merupakan musuh peradaban dan menjadi ancaman serius bagi keamanan dan kedaulatan sebuah negara. Aksi terorisme berpotensi menyasar siapa saja. Siapapun bisa menjadi korban dari perilaku keji tersebut.

"Saya, anda dan kita semua bisa saja jadi korbannya. Di Indonesia, aksi terorisme telah menyebabkan banyak manusia meregang nyawa, menderita cacat seumur hidupnya, anak kecil menjadi yatim, perempuan menjadi janda, pemuda kehilangan kesempatan kerja dan banyak lagi derita yang mereka alami," kata Hasto.

( Baca juga: Politikus PKS: Orang Lebih Butuh Vaksin Hasil Riset daripada Celoteh Influencer )

Untuk itu, lanjut dia, kini saatnya menunjukan penghormatan kepada mereka yang telah gugur maupun penyintas sekaligus memberikan dukungan kepada mereka.

Hasto mengimbau dan mengajak semua elemen masyarakat Indonesia, mulai dari para pejabat negara, aparatur sipil negara, pengacara, tentara, polisi, guru, mahasiswa, pelajar, pengusaha, ibu rumah tangga, di manapun berada, baik di kantor, sekolah, kampus, rumah, pasar-pasar, desa dan sudut-sudut kota, untuk serentak melakukan aksi hening pada Hari Jum’at 12 Agustus 2020 pukul 10.00 waktu Indonesia Barat.⁣

"Mari kita hening suara dan hening aktivitas sejenak, untuk memberikan penghormatan kepada para korban peristiwa terorisme," ajak Hasto.

Atas semua peristiwa keji terorisme yang pernah terjadi, dan seluruh derita korban yang mengiringinya. "Mari sampaikan kepada dunia kita Indonesia, kita tidak lupa!!!" ujarnya. ⁣
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)