Saksi Meringankan Mundur, Terdakwa Kasdi Subagyono Bacakan Surat dari Istri

Senin, 10 Juni 2024 - 12:49 WIB
loading...
Saksi Meringankan Mundur, Terdakwa Kasdi Subagyono Bacakan Surat dari Istri
Terdakwa Kasdi Subagyono, mantan Sekjen Kementan tidak menghadirkan saksi a de charge atau meringankan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor PN Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024). FOTO/MPI/NUR KHABIBI
A A A
JAKARTA - Terdakwa Kasdi Subagyono , mantan Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) tidak menghadirkan saksi a de charge atau meringankan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor PN Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024). Penasihat hukum hanya membacakan surat dari istri Kasdi.

Hal itu terjadi lantaran saksi yang sebelumnya telah disiapkan mendadak mengundurkan diri. Kasdi kemudian mencoba menghadirkan sang istri, Erni Susanti, tapi yang bersangkutan pun tak hadir di ruang sidang.

Awalnya, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh mempertegas pernyataan penasihat hukum Kasdi yang tidak akan menghadirkan saksi meringankan di ruang sidang.



"Untuk terdakwa Kasdi Subagyono, pada hari ini tegas ya mengatakan, bahwa saudara tidak akan mengajukan saksi lagi karena saksi yang saudara panggil mendadak mengundurkan diri sebagai saksi. Kemudian diupayakan istri terdakwa, itu pun tidak bersedia hadir," kata Hakim Rianto di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dalam surat yang dibacakan penasihat hukum, Erni menyatakan tidak pernah terbayangkan suaminya akan terjerat kasus korupsi di kementerian yang telah menjadi tempat bekerja selama 33 tahun.

Menurutnya, karir yang telah dirintis suaminya selama puluhan tahun itu hancur seketika setelah diduga terlibat kasus korupsi hingga kini duduk sebagai terdakwa di persidangan.

"Suami saya selama ini adalah suami yang soleh, sangat peduli pada istri dan anak-anak, penuh prhatian dan sosok bapak yang mengayomi keluarga. Dengan peristiwa ini, kini sosoknya seakan hilang dan lenyap karena sudah tidak lagi di sisi kami," kata Erni yang ia sampaikan dalam surat yang dibacakan di ruang sidang.



"Saya tidak menyangka, sungguh besar tekanan yang dialami suami saya sebagai sekjen di Kementan RI, saya hanya dapat berdoa semoga kami dapat segera berkumpul kembali agar kehangatan keluarga dapat kami rasakan kembali," sambungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)
pixels