Kenduri Swarnabhumi 2024 Bukan Sekadar Festival Budaya Tahunan

Jum'at, 07 Juni 2024 - 21:37 WIB
loading...
A A A
Selain itu, menurut dia, seluruh rangkaian festival budaya Kenduri Swarnabhumi perlu menghasilkan narasi dan misi yang sama, yakni bagaimana masyarakat dapat terhubung kembali dengan Sungai Batanghari agar masyarakat dapat mengingat kembali pentingnya peran alam dalam membentuk peradaban masyarakat.

Sementara itu, Direktur Festival Kota Jambi Hendry Nursal menekankan bahwa acara tahun ini dirancang untuk mendorong partisipasi aktif dari masyarakat lokal. “Kami berupaya untuk melibatkan sebanyak mungkin komunitas lokal dalam persiapan dan pelaksanaan acara,” ujarnya dalam diskusi bersama para kurator dan direktur festival.

Dia juga mengatakan bahwa dukungan dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan, baik pemerintah, swasta, komunitas, dan utamanya generasi muda sangat penting. Dia melanjutkan, inti dari acara ini adalah untuk menunjukkan bahwa dengan kemandirian, masyarakat dapat mengadakan Kenduri Swarnabhimi yang tidak hanya meriah tetapi juga berkelanjutan. “Kami ingin menunjukkan bahwa dengan gotong royong dan kemandirian, kita bisa membuat acara yang berdampak positif bagi semua pihak,” ujarnya.

Kemandirian kenduri dinilai bukan hanya tentang mempertahankan tradisi, tetapi juga tentang menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Bahkan, Kenduri Swarnabhumi 2024 banyak melibatkan partisipasi aktif dari generasi muda lokal.

Para Kurator dan Direktur Festival yang merupakan masyarakat lokal mengapresiasi kepada semua pihak yang memberikan kesempatan pada masyarakat lokal yang secara mandiri mengelola acara Kenduri Swarnabhumi 2024. “Kami berharap bahwa generasi muda akan melihat pentingnya kemandirian dan gotong royong dalam menjaga budaya kita,” kata Hendry.

Dengan Kenduri Swarnabhumi 2024, panitia dan masyarakat Jambi busa memberikan contoh nyata bagaimana kemandirian dapat menjadi kekuatan utama dalam melestarikan dan memajukan budaya lokal. “Ini adalah langkah awal, dan kami berharap bisa terus melanjutkan dan mengembangkan ini di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Kenduri Swarnabhumi 2024 mengambil langkah lebih jauh dengan mengedepankan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam melestarikan lingkungan Sungai Batanghari dan kekayaan kebudayaannya.
(rca)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)
pixels