alexametrics

All Out pada Kampanye Terbuka

loading...
All Out pada Kampanye Terbuka
All Out pada Kampanye Terbuka. (Dok. SINDOnews).
A+ A-
JAKARTA - Kampanye terbuka Pemilu Serentak 2019 bakal digelar 24 Maret hingga 13 April 2019.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin maupun nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun sudah menyiapkan strategi untuk menghadapinya. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mengaku telah merancang kegiatan kampanye terbuka untuk kandidat nomor urut 01 itu.

TKN juga merancang agar kampanye Jokowi-Ma’ruf nanti lebih banyak kejutan, inovasi, dan tetap dekat dengan rakyat. Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, memaparkan rencana kampanye terbuka paslon nomor urut 01 yang akan berlangsung pada 24-28 Maret mendatang.



“Kampanye Bapak dari tanggal 24 hingga 28 (Maret) nanti. Tanggal 29 kita keluarkan yang versi minggu depannya karena saya tahu untuk pembagian tugas perlu waktu dan masalahnya dalam kampanye ini kita harus terbang ke dua provinsi dalam satu hari,” kata Erick dalam konferensi pers di Media Center TKN di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, kemarin.

Erick menjelaskan, kampanye perdana digelar pada 24 Maret di Banten pada pukul 16.00 WIB. Namun sejak pukul 14.30 WIB sudah dimulai kegiatan-kegiatan menarik di sekitar GOR karena para parpol koalisi dan relawan akan membuat panggung-panggung di jalan menuju lokasi.

Selain itu akan ada pawai akbar dari masyarakat dan relawan sepanjang 2-2,5 km menuju lokasi. Kemudian pada 25 Maret, lanjut Erick, akan dilaksanakan kampanye di Alun-alun Banyuwangi pada pukul 09.00-11.30 WIB yang dilanjutkan ke Jember pada pukul 13.30-15.30 WIB di GOR Jember.

Kemudian pada malam harinya dilakukan rapat tertutup di GOR Ken Arok, Malang. “Tanggal 26 langsung mengadakan di provinsi lain, Banda Aceh tepatnya. Itu kurang lebih pukul 11.30- 13.30 WIB dan disambung di Riau ada dua titik. Di Pekanbaru nanti ada satu titik lagi,” paparnya.

Selanjutnya pada 27 Maret, kata Erick, pihaknya akan melakukan kampanye di PCC, Pontianak, pada pagi hari pukul 9.30-11.30 WIB dan dilanjutkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan serta beberapa titik lainnya.

Masih di Kalimantan, pada 28 Maret kampanye digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur dan pada hari yang sama di Mamuju, Sulawesi Barat. “Tanggal 30 (Maret), (ada) debat dan akan kampanye dekat saja. Kita lihat dulu zonanya,” paparnya.

Erick mengatakan, TKN akan memberikan konsep baru dan berbeda dari apa yang pernah dilihat selama ini. Pihaknya juga akan melakukan inovasi-inovasi, tetapi tetap dekat dengan rakyat. “Inovasiinovasi bersama ini Pak Hasto kasih lihat hal-hal berbeda dari paslon 02.

Salah satunya panggung. Bagaimana paslon ini dekat dengan rakyat sesuai dengan filosofi beliau dekat dengan rakyat. Bagaimana beliau langsung turun ke jalan,” tambahnya. Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, mengatakan, TKN telah menyiapkan juru kampanye nasional (jurkamnas) dari berbagai elemen masyarakat.

Mulai dari para ulama, pimpinan partai politik hingga menteri yang mengambil cuti untuk membantu seluruh panggung politik paslon 01. Menurut dia, ada sekitar 5.320 jurkamnas yang sudah disiapkan TKN.

“Dari PDIP ada Pak Pramono Anung dan Mbak Puan Maharani. Dari PKB ada Pak Hanif, dari NasDem ada Ibu Siti Nurbaya. Menteri-menteri yang bukan PNS, yang dari partai, nanti akan ajukan cuti, tapi tidak seluruhnya. Nanti sesuai dengan jadwal kampanye, terutama pada hari Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Hasto, karena ada 17 provinsi yang melaksanakan kampanye serentak, setidaknya akan ada minimal 17 jurkamnas yang turun pada saat bersamaan. Tentu saja sudah dilakukan pembagian tugas untuk memperkuat basis-basis suara Jokowi-Ma’ruf.

“Ada yang sangat kuat di basis untuk membangun harapan desa berkemajuan, ada yang di petani, ada yang di nelayan, kalangan orang muda,” paparnya. Sementara itu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan fokus menggaet suara pada saat kampanye terbuka nanti.

Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo-Sandi akan menggarap semua wilayah untuk meraup suara. “(Fokusnya) selain Jawa Tengah, provinsi lain juga penting. Bagi kami semua provinsi penting sehingga Pak Prabowo dalam kampanye ini spektrumnya dari Merauke sampai dengan ke barat.

Kira-kira seperti itu,“ kata Muzani di Jakarta tadi malam. Muzani juga menyebut bahwa Prabowo dan Sandi akan bertemu dalam tempat kampanye yang sama di Surabaya, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Selebihnya paslon nomor urut 02 ini akan berkampanye di tempat berbeda yang sudah direncanakan sebelumnya. Adapun Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso mengatakan, Prabowo-Sandi tidak akan mengajak kepala daerah saat kampanye terbuka nanti.

BPN, menurutnya, tetap meminta kepala daerah fokus mengurusi daerahnya. “Saya pastikan banyak gubernur dan wali kota yang menginduk kepada kami dan mendukung kami, tetapi kami tidak pernah memerintahkan mereka untuk ikut ambil bagian secara terbuka,” tandasnya. Sikap itu, disebut Priyo, seperti saat awal masa kampanye. (Kiswondari)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak