Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN yang Mundur setelah 2 Tahun Menjabat

Senin, 03 Juni 2024 - 17:40 WIB
loading...
A A A
Dia dipercaya sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010. Setelah itu, dia diangkat menjadi Wakil Menteri Perhubungan (2010-2014) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bambang juga pernah ditugaskan sebagai Plt Menteri Perhubungan (1 Oktober 2014–20 Oktober 2014). Mandat ini diberikan usai EE Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi Anggota DPR.

Pada aktivitasnya, Bambang dikenal aktif di organisasi yang berhubungan dengan transportasi dunia. Dia pernah menjabat Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS) hingga anggota Board of Trustees untuk The South North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan.

Bambang juga telah menulis sejumlah buku bertema infrastruktur dan transportasi. Buku itu antara lain Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, 1001 Wajah Transportasi Kita, Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah, dan banyak buku lainnya.

Melihat berbagai kontribusi dan dedikasinya di bidang infrastruktur dan transportasi, Bambang diberikan beberapa penghargaan seperti Satyalancana Karya Satya, Satyalancana Wira Karya, serta Satyalancana Pembangunan.

Pada 10 Maret 2022, Bambang dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Otorita IKN. Ketentuan ini didasarkan pada Keppres Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

(jon)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)