Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu soal Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan

Senin, 27 Mei 2024 - 18:49 WIB
loading...
Joice Triatman Sebut Sekjen Nasdem Hermawi Taslim Tahu soal Aliran Dana Rp850 Juta dari Kementan
Mantan Stafsus Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Joice Triatman menyebutkan bahwa Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim mengetahui perihal aliran dana dari Kementan senilai Rp850 juta. Foto/SINDONews/Riyan Rizki
A A A
JAKARTA - Mantan Staf Khusus Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) , Joice Triatman menyebutkan bahwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengetahui perihal aliran dana dari Kementerian Pertanian (Kementan) senilai Rp850 juta. Diketahui uang tersebut digunakan Partai Nasdem untuk bakal calon legislatif (bacaleg).

Hal itu diungkapkan Joice saat dihadirkan Jaksa KPK sebagai saksi di persidangan dalam kasus gratifikasi dan pemerasan dengan duduk sebagai Terdakwa mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di PN Jakpus, Senin (27/5/2024).



Mulanya, Joice menjelaskan bahwa ada sebuah permintaan koordinasi dengan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono soal pengadaan uang. Permintaan tersebut diminta oleh SYL.

"Saya mendapatkan perintah dari Pak Menteri untuk berkoordinasi dengan Pak Sekjen Pak Kasdi untuk perkara pendanaan sebuah acara di Partai Nasdem dalam rangka penyerahan formulir Bacaleg DPR RI ke Gedung KPU,"ujar Joice.

"Acara di mana?" tanya Hakim.

"Di Gedung Partai Nasdem tahun lalu Yang Mulia, tahun 2023," jawab Joice.

"Pencalegan? Sudah mau dekat pemilu?" tanya Hakim.

"Betul, Yang Mulia," jawab Joice.

Joice menjelaskan bahwa anggaran yang diminta oleh panitia acara yakni sebesar Rp1 miliar. Akan tetapi, mantan Sekjen Kementan pada kala itu, Kasdi Subagyono tak menyanggupi permintaan tersebut. Kasdi pun hanya bisa menyanggupi permintaan dari Joice sebanyak Rp850 juta.

"Kasdi keberatan kemudian apa?" tanya Hakim.

"Sampai disepakati Rp850 juta," jawab Joice.

"Tawar-menawar ya?" tanya Hakim.

"Tidak, hanya satu kali," jawab Joice.

"Akhirnya dari Rp1 miliar turun menjadi?" tanya Hakim.

"Rp850 juta," jawab Joice.

Joice mengungkapkan bahwa uang Rp850 juta itu cair dua minggu setelah adanya persetujuan RAB. Namun, dikatakan tak tahu sumber uang dari Kementerian Pertanian terkait pendanaan tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)
pixels