Hasil Survei: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi di Bursa Pilgub Sulteng

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:42 WIB
loading...
Hasil Survei: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi di Bursa Pilgub Sulteng
Hasil survei Skala Data Indonesia menyebut elektabilitas Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sebagai petahana masih tertinggi di Pilgub Sulteng. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Lembaga Survey Skala Data Indonesia memaparkan hasil survei terkait dinamika Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Hasilnya, elektabilitas Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sebagai petahana masih tertinggi.

Survey digelar 1- 10 Mei, dengan metode wawancara tatap muka langsung, jumlah responden sebanyak 800 responden dengan margin off error kurang lebih 3,46%.

“SurveI ini memotret banyak hal, mulai dari tingkat kepuasan publik, masalah yang menjadi perhatian masyarakat, dan persaingan elektoral jelang pilgub,” ujar Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam, Sabtu (25/5/2024).



Menurut Arif, tingkat kepuasan publik terhadap Rusdy Mastura masih lumayan bagus diangka 52,2%. Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN, Harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

“Survey ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang di mana sebanyak 22% akan terpengaruh money politic dan sebesar 44% menyatakan tidak terpengaruh,” katanya.



Menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama sosok tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam bursa pilgub. Nama Rusdy Mastura, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas lumayan bagus. “Rusdy Mastura unggul dengan 15,1% disusul Ahmad Ali sebesar 11%, Anwar Hafid 9,4% dan tokoh lainnya di bawah 5%,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah pemilih yang menyatakan belum memiliki pilihan sebesar 23,3% sedang yang menjawab tidak tahu sebesar 36%. Artinya, masih banyak pemilih tak bertuan yang akan menjadi ladang perebutan simpati para tokoh yang akan berkontestan.

Petahana Rusdy Mastura sejatinya memiliki modal politik yang cukup besar lantaran merupakan petahana selain memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang lumayan tinggi. Sementara Ahmad Ali memiliki basis besar di Morowali dan sekitarnya.

“Karena itu, petahana Rusdy Mastura jika maju kembali memiliki modal besar untuk memenangkan dalam pilgub nanti, dan bersaing dengan Ahmad Ali,” tandasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)
pixels