Apa itu Iptu? Pangkat yang Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:37 WIB
loading...
Apa itu Iptu? Pangkat yang Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon
Iptu Rudiana, ayah Muhammad Rizky atau Eki, korban pembunuhan bersama kekasihnya Vina Dewi Arsita di Cirebon. FOTO/TANGKAPAN LAYAR IG
A A A
JAKARTA - Banyak orang penasaran dengan Iptu , pangkat yang disandang oleh Rudiana, ayah Muhammad Rizky alias Eki yang meninggal pada 2016 silam. Eki diketahui merupakan korban pembunuhan bersama dengan kekasihnya Vina Dewi Arsita .

Kasus Vina Cirebon kembali mencuat setelah film berjudul Vina: Sebelum 7 Hari yang didasarkan kisah nyata kasus pembunuhan tersebut diputar di bioskop. Munculnya kembali kasus ini juga melambungkan nama Iptu Rudiana, Kapolsek Kapetakan, Polres Cirebon Kota. Beberapa waktu lalu muncul video viral yang memperlihatkan kesedihan Iptu Rudiana, karena sampai saat ini para pelaku pembunuhan anaknya masih berkeliaran. Namun Rudiana juga menyatakan polisi tinggal diam, terus berupaya menuntaskan kasus tersebut.

Dari situlah mulai banyak orang yang penasaran tentang Iptu Rudiana. Rasa penasaran kebanyakan muncul karena berkaitan dengan pangkat yang disandangnya, yakni Iptu. Seberapa tinggi pangkat tersebut di satuan kepolisian? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.


Arti Pangkat Iptu

Pangkat Iptu atau Inspektur Polisi Satu termasuk dalam jajaran pangkat Perwira Polri. Di Kepolisian, pangkat Perwira dibagi ke dalam tiga urutan yakni, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Iptu berada di golongan Perwira Pertama, sehingga pangkatnya paling rendah di dalam urutan perwira.

Meski begitu Iptu bukanlah pangkat terendah. Karena di dalam urutan pangkat Perwira Pertama, masih dibagi menjadi tiga pangkat, yakni Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan tertinggi adalah Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Berikut ini daftar kepangkatan Perwira di Polri:

1. Perwira Tinggi (Pati)

- Jenderal Polisi
- Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)
- Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
- Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

2. Perwira Menengah (Pamen)

- Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)
- Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
- Komisaris Polisi (Kompol)

3. Perwira Pertama (Pama)

- Ajun Komisaris Polisi (AKP)
- Inspektur Polisi Satu (Iptu)
- Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Dari daftar kepangkatan tersebut dapat dilihat jika Iptu berada di urutan kedua dari bawah. Meski begitu Iptu sudah termasuk pangkat tertinggi di Kepolisian, karena di bawah Perwira masih ada Bintara dan Tamtama.

Tanda kepangkatan Perwira Polisi berpangkat Iptu akan ditandai dengan dua garis atau balok kuning. Umumnya pangkat Iptu bisa menjabat sebagai Wakapolsek, Kapolsek, Kanit di Polsek, dan Kasi di Polres.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)
pixels