Pesantren Miliki Potensi untuk Bangun Kemandirian Ekonomi dan Bangsa

Minggu, 24 Februari 2019 - 13:00 WIB
Pesantren Miliki Potensi untuk Bangun Kemandirian Ekonomi dan Bangsa
Pesantren Miliki Potensi untuk Bangun Kemandirian Ekonomi dan Bangsa
A A A
MOJOKERTO - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (MS PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri meyakini pesantren memiliki potensi untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan membangun bangsa. Keyakinan tersebut disampaikan oleh Habib Salim saat bersilahturahim dengan pimpinan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Mahfudz Syaubari di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Pacet, Mojokerto, Sabtu, 23 Februari 2019 kemarin.

Pada kegitan silahturahmi tersebut, Habib Salim dibuat kagum melihat berbagai usaha di bidang kuliner dan agrobisnis yang dijalankan di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah. Pesantren Riyadlul Janah juga mampu secara mandiri melakukan operasional pesantren, dan bahkan diminati banyak investor dalam berbagai unit usahanya, salah satunya jejaring restoran di seluruh Indonesia.

"Ini luar biasa barokah. Memang jika berkumpul keimanan, keshalihan, dan etos kerja, maka hasilnya akan luar biasa," ujar mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi ini dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Minggu (24/2/2019).

Habib Salim juga memberikan apresiasi mendalam atas keberhasilan Kai Mahfudz mengembangkan pendidikan, kewirausahaan, sekaligus agrobisnis melalui Pesantren Riyadlul Jannah. "Apa yang dilakukan Kiai Mahfudz dan Pesantren Riyadlul Jannah sejalan dengan platform PKS di bidang pendidikan, ekonomi, dan pertanian. Maka silahkan PKS digunakan untuk lebih mengoptimalkan kemajuan dan kesejahteraan pesantren," ungkap Habib Salim.

Sementara itu, Kiai Mahfudz memaparkan keprihatinannya akan belum adanya prioritas dari pemerintah untuk menggali sumber daya alam maritim baik dari infrastruktur maupun pendidikan. "Padahal potensi alam Indonesia sangat kaya dan tak habis-habis," tuturnya.

Untuk diketahui, pondok pesantren Riyadlul Jannah adalah pesantren yang menjadi rujukan berbagai pesantren dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Pada 2017, pesantren ini dinobatkan Kemenag RI sebagai pionir kemandirian Pesantren.

Berdiri di lahan seluas lebih dari 9.000 meter persegi di kaki Gunung Welirang, pesantren ini sesuai namanya ibarat kebun surga bagi para santri dan masyarakat sekitar. Pesantren ini menggunakan potensi alam di sekitarnya agar dapat dioptimalkan kemanfaatannya. Hal ini antara lain dengan budidaya ikan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4098 seconds (0.1#10.140)