KPU Pastikan Jokowi Tak Pakai Earpiece saat Debat Capres

Senin, 18 Februari 2019 - 23:58 WIB
KPU Pastikan Jokowi Tak Pakai Earpiece saat Debat Capres
KPU Pastikan Jokowi Tak Pakai Earpiece saat Debat Capres
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan memastikan tidak ada satu pun kandidat yang menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece pada Debat Capres Kedua Pilpres 2019. Hal tersebut untuk menepis tudingan yang menyebut calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece pada Debat Capres Kedua kemarin malam.

"Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu, jadi klir seperti itu," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Senin (18/2/2019).

Dia menyebut hingga saat ini belum ada keluhan secara resmi yang disampaikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke KPU.

Lebih lanjut Wahyu berujar jika ada kandidat yang menemukan pelanggaran di debat capres, harap langsung lapor ke Bawaslu.

"Kemarin ada kesepakatan bersama bahwa apabila ada hal-hal yang dirasakan itu merupakan dugaan pelanggaran selama di debat capres kedua, itu dipersilakan melaporkan secara remi ke pada Bawaslu," tuturnya.

Sebelumnya, di media sosial beredar unggahan-unggahan yang menuding calon presiden nomor urut 01 Jokowi menggunakan alat bantu komunikasi atau earpice pada Debat Capres Kedua Pilpres 2019.

Unggahan tersebut disertai foto Jokowi sedang menekan telinga dan pulpen. Foto itu diklaim sebagai bukti menggunakan alat komunikasi untuk mendengat rumusan jawaban dari tim.

Jokowi sendiri sudah mengklarifikasi kabar tersebut. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan tudingan menggunakan earpiece adalah fitnah.

"Ada-ada saja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," ujar Jokowi di SD Negeri Panimbang Jaya 01, Tanjungjaya, Pandeglang, Banten, Senin (18/2).
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4707 seconds (0.1#10.140)