Distribusi Bantuan Sembako untuk WNI di Luar Negeri Terus Mengalir

Jum'at, 01 Mei 2020 - 13:15 WIB
loading...
Distribusi Bantuan Sembako untuk WNI di Luar Negeri Terus Mengalir
WNI yang menjadi anak buah kapal pesiar MV Dream Explorer tiba di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (29/4/2020). Sebelum dibawa menuju hotel untuk menjalani isolasi mandiri, 359 WNI tersebut menjalani rapid test. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona belum usai. Dampaknya juga terus menghantam sendi kesehatan, ekonomi, sosial, di berbagai negara. Tak sedikit juga warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terdampak Covid-19.

Kementerian Luar Negeri menyadari WNI juga membutuhkan uluran tangan dari pemerintah Indonesia. Salah satu bentuk perhatian itu berupa penyaluran bantuan kebutuhan mendasar, khususnya bagi WNI yang paling rentan terdampak Covid-19.

Untuk klaster WNI di Malaysia, bantuan yang telah diberikan sebanyak 204.545 paket. Distribusi bantuan melalui perwakilan pemerintah di luar negeri mencapai 141.782 paket, sedangkan dari organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia sebanyak 58.763 paket.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia yang telah terus bekerja sama dengan perwakilan Indonesia di Malaysia baik dalam rangka menyediakan paket sembako maupun di dalam distribusinya," tutur Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah dilansir SINDOnews dari laman Kemlu, Jumat (1/5/2020).( ).

Untuk klaster WNI di luar Malaysia, Kemlu juga memberikan bantuan paket sembako dan barang yang diperlukan untuk antisipasi Covid-19 seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, dan lainnya dengan jumlah total 36.541 paket.

Secara rinci, bansos ke kawasan Timur Tengah yang telah diberikan berjumlah 15.471 paket. Kemudian, di kawasan Amerika sebanyak 12.917 paket, Eropa 3.228 paket, kawasan Asia 4.170, Afrika 75, dan Australia berjumlah 680 paket.

Bansos juga diberikan ke WNI klaster Jemaah Tabligh (JT) di 13 negara dengan total 1.148 orang. "Kami telah memberikan sekitar kepada 1.196 paket sembako di tiga negara konsentrasi JT WNI yaitu di India, Pakistan, dan Bangladesh," beber Faizasyah.

Kemlu mengaku terus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu WNI yang paling memerlukan. Namun, penyaluran bantuan logistik ini sangat tergantung dari situasi masing-masing daerah.

Sejauh ini, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang memberikan bantuan sembako bagi warga negaranya di luar negeri. Pemberian bantuan ini juga sepenuhnya dilakukan dengan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri masing-masing negara.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)