Debat Perdana Capres Cerminkan Tingkat Kepercayaan Diri Paslon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 15:59 WIB
Debat Perdana Capres Cerminkan Tingkat Kepercayaan Diri Paslon
Debat Perdana Capres Cerminkan Tingkat Kepercayaan Diri Paslon
A A A
JAKARTA - Direktur Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin, Benny Ramdhani menganggap, yang ditampilkan Capres Jokowi pada debat perdana beberapa waktu lalu adalah kepercayaan diri sebagai kontestan Pilpres 2019.

Sementara Benny menyebut, Prabowo Subianto sebagai Capres penantang dianggap bukan lawan tanding yang sebanding untuk Jokowi dalam debat kemarin.

"Jokowi elaborasi gagasan dan agenda, berikan harapan pada fakta empiris, dan Prabowo hanya harapan dan teoritis dan utopis," ungkapnya dalam Diskusi Polemik MNC Trijaya FM di d'Consulate Resto, Menteng, Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Benny, Jokowi tampil cukup percaya diri dalam debat kemarin. Karena, Jokowi sudah berpengalaman mengikuti debat sejak menjadi walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga debat Capres pada 2014 silam.

"Sedangkan, Prabowo terkesan gugup sehingga secara psikologis tidak menguasai panggung," ucapnya.

Menurutnya, hal ini ini masih ditambah dengan data yang kosong sehingga Jokowi dengan mudah menangkal semua serangan yang dilancarkan oleh ubu 02. Politikus Partai Hanura ini menganggap dari hasil survei, Jokowi secara keseluruhan unggul debat atas Prabowo. Hal ini, setidaknya tercermin dari hasil survei yang disampaikan Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio.

Sementara itu, Benny menampik jika peran Cawapres Kiai Ma'ruf Amin kecil dalam debat tersebut. Menurutnya, Kiai Ma'ruf memang difokuskan untuk isu terorisme. Menurutnya, apa yang ditampilkan Ma'ruf bagian dari adab politik bahwa Cawapres tidak boleh terlalu agresif.

"Bukan tidak memberikan peran fungsi. Justru lucu ktika sandi lebih agresif, bahaya bisa (ada) matahari kembar dan setahun (bisa) konflik," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)