Kementan Gelar Bootcamp Petani Muda Pertanian dan Duta Polbangtan/PEPI 2024

Rabu, 01 Mei 2024 - 12:21 WIB
loading...
Kementan Gelar Bootcamp Petani Muda Pertanian dan Duta Polbangtan/PEPI 2024
Kementan menggelar menyelenggarakan Bootcamp Young Ambassador Agriculture dan Duta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) 2024. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar menyelenggarakan Bootcamp Young Ambassador Agriculture dan Duta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) 2024. Acara digelar untuk memilih 70 nominee Young Ambassador Agriculture untuk maju ke babak grand final dan bersaing menjadi 50 Duta Petani Muda Program YESS dan memilih Duta Polbangtan PEPI 2024.

Kegiatan digelar oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pendidikan Pertanian dengan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS). Para Duta nantinya akan menjadi agen promosi sekaligus representasi Politeknik Vokasi lingkup Kementan.



Bootcamp dilangsungkan selama satu pekan dan dimulai dengan pembukaan pada Selasa (30/4/2024), di Bogor yang diikuti 116 peserta dari penjuru Tanah Air.

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan salah satu fokus Kementan adalah pemenuhan kebutuhan pangan dan mencapai kembali swasembada pangan yang pernah diraih pada 2017, 2019, dan 2020.

“Salah satu program untuk mencapai hal tersebut melalui optimalisasi pemanfaatan lahan seluruh wilayah Indonesia termasuk di dalamnya lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan. Program tersebut membutuhkan keterlibatan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh, dan petani khususnya petani muda,” ujarnya dalam keterabgan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Sementara, Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menyatakan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan produksi pangan melalui optimalisasi lahan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di lahan rawa.

“Bootcamp Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia, untuk dapat menjadi duta Program YESS. Tujuannya mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian,” tutur Dedi.

Ia juga menjelaskan bahwa Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) adalah program kerjasama antara Kementan dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

“Partisipasi aktif sasaran program yaitu petani muda terus didorong dalam rangka mencapai target tersebut,” lanjutnya.

Dalam pembukaan bootcamp, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Direktur Program YESS Idha Widi Arsanti menyampaikan bahwa peran Young Ambassador Agriculture sangat penting yang diharapkan akan menjadi contoh nyata bagi pemuda lainnya dalam hal kemandirian bertani atau berwirausaha di sektor pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)