Waspada Rekam Jejak Digital di Internet dan Media Sosial

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Untuk mencapai kecakapan digital, kata dia, para pengguna internet terutama pelajar, di antaranya dapat terus menggali informasi melalui mesin pencarian sepert Google dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dan pastikan sumber yang kita gunakan adalah sumber yang kredibel dan terpercaya.

Selain itu, pahami kelebihan dan kekurangan media sosial. Komen maupun unggahan yang kita buat di media sosial tidak mudah untuk dihapus. Karena itu, pastikan kita selalu memiliki jejak digital yang baik. Saat hendak mengunggah atau memberikan komentar, tahan terlebih dahulu selama 5 detik untuk berpikir ulang, apakah kita perlu melakukan unggahan atau komentar tersebut.

“Kita dapat mencapai kecepatan digital kalau kita tahu dan paham ragam peragkat lunak yang kita gunakan dan mesin pencarian di google untuk jejak digital. Gunakanlah dengan baik,” ujar Khanza.

Dalam sesi tanya jawab antar peserta dan seluruh narasumber, seorang siswa melontarkan pertanyaan bagaimana cara yang mudah untuk melawan konten negatif dan provokasi bagi remaja yang tanpa sadar mudah terbawa arus konten negatif.

Pertanyaan ini mendapat jawaban dari Aminah Swarnawati. Menurut Aminah, literasi digital mengajarkan tentang keamanan digital yang mencakup identifikasi konten hoax. "Pastikan konten yang kita terima berasal dari sumber kredibel, serta yang tak kalah penting, jangan ikut menyebarkan berita hoax sehingga berita tersebut berhenti di diri anda. Jangan lupa, saring sebelum sharing," katanya.

Kegiatan talk show chip in merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website www.literasidigital.id, Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)