PJR Tertibkan Pemudik yang Berhenti di Bahu Jalan Tol Japek

Senin, 15 April 2024 - 12:13 WIB
loading...
PJR Tertibkan Pemudik yang Berhenti di Bahu Jalan Tol Japek
Puncak arus balik Lebaran 2024 masih berlangsung di Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tepatnya di Gerbang Tol Cikampek Utama. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Puncak arus balik Lebaran 2024 masih berlangsung di Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tepatnya di Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama) Km 70 pada Senin (15/4/2024) siang.

Berdasarkan pantauan di lokasi pukul 11.30 WIB, kemacetan panjang masih terlihat dari Km 70 hingga Km 57 dari arah Jawa Tengah ke Jakarta. Adapun kemacetan panjang dari GT Cikatama arah Jakarta ini sudah terjadi sejak Minggu, 14 April 2024 malam.

Semakin banyak pemudik juga yang berhenti di bahu jalan untuk beristirahat sekaligus mendinginkan mesin mobilnya. Adapula di antara mereka yang menepi untuk buang air kecil lantaran jaraknya masih jauh dengan rest area.

Melihat hal itu, sejumlah petugas kepolisian Patroli Jalan Raya (PJR), berusaha menertibkan pemudik yang berhenti di sembarang tempat. "Jalan terus, jangan ambil kanan!" kata petugas kepolisian di dalam mobil patroli menggunakan pengeras suara.



Sementara itu, pihak PT Jasa Marga Transjawa Tol kembali mengimbau pengguna jalan untuk manfaatkan waktu istirahat di rest area dengan Bijak. "Tidak terlalu berlama-Lama, maksimal 30 menit," ujar Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, Denny menjelaskan salah satu rest area favorit pemudik di arus balik yakni 62B. "Saat ini, rest area yang terpantau padat pada arus balik adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta karena melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus. Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat," imbuhnya.



PT JMRB juga telah menambah sejumlah fasilitas, di antaranya menambah hingga 599 bilik toilet fungsional di Rest Area Jasa Maega Group sehingga dapat lebih digunakan optimal oleh masyarakat.

"Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional. Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet," ujar Denny

Selain itu, pengguna jalan juga disarankan membawa perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area. Hal ini tentunya bisa mengurangi potensi kemacetan panjang di H+5 lebaran.

"Sementara itu untuk Rest Area KM 52B diberlakukan penutupan secara situasional sejak tanggal 12 April pukul 15.00 WIB s.d 16 April pukul 08.00 WIB," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)