Hadapi Arus Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan Siapkan Armada Tambahan

Minggu, 07 April 2024 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Penyediaan transportasi tambahan ini merupakan hasil kolaborasi antara Kemenhub bersama stakeholder, yaitu operator, dan pemerintah daerah yang bertugas untuk mengawasi.

“Jadi, ini yang sudah kami siapkan. Sekali lagi, kolaborasi bersama stakeholder, yaitu operator dan juga pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan,” tutup Adita.

Polri Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2024
Hadapi Arus Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan Siapkan Armada Tambahan

Live iNews Room bersama Brigjen Pol Drs Yusri Yunus (Foto: tangkapan layar YouTube iNews TV)

Sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini, Polri telah menyiapkan lebih dari 155 personel yang akan mengamankan operasi ketupat dan 5784 posko, di antaranya pos pelayanan, pos pengamanan, serta pos terpadu di tol, arteri, maupun di titik alternatif.

Selain itu, tersedia pula posko pengendali, call center 188, helikopter, dan ambulance yang selalu siap untuk emergency. Hal tersebut diungkapkan oleh Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Drs Yusri Yunus dalam sebuah wawancara, Kamis (4/4/2024).

“Kami juga siapkan juga posko pengendali. Menteri PMK sudah mengecek langsung ke sana. Kami bangun pos, call center 188. Kami siapkan juga helikopter dan ambulance, stand by untuk emergency,” ujarnya.

Tersedia Rest Area Sementara
Guna mencegah penumpukan kendaraan selama arus mudik Lebaran, operator Jasa Marga menginformasikan telah tersedia 59 rest area tambahan yang dikhususkan untuk kendaraan beristirahat dan penumpang buang air kecil.

Tidak hanya itu, pihak operator jalan tol juga menyediakan sebuah aplikasi yang dapat memantau situasi dan kondisi rest area. Hal tersebut berguna agar bisa menentukan rekayasa seperti apa yang dapat dilakukan, sehingga tidak menyebabkan kepadatan di bahu jalan. Kemudian, akan dilakukan pula buka tutup rest area
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)