Hadapi Arus Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan Siapkan Armada Tambahan

Minggu, 07 April 2024 - 15:24 WIB
loading...
Hadapi Arus Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan Siapkan Armada Tambahan
Live iNews Room bersama Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati. (Foto: tangkapan layar YouTube iNews TV)
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah jumlah armada untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 7-9 Maret 2024 dan mengalami peningkatan secara tajam sebesar 56 persen. Tahun ini, jumlah pemudik diperkirakan meningkat secara signifikan menjadi 193,6 juta orang, dibandingkan dengan tahun lalu yang terdapat 126 juta orang.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan bersama para stakeholder telah mempersiapkan armada tambahan, baik untuk transportasi darat, laut, maupun udara.

“Iya, kita memang siapkan. Betul ya secara jumlah ini agar bisa menangkap demand yang tinggi sekali dari masyarakat. Kita bersama stakeholder tentunya, para operator sudah mempersiapkan,” tuturnya.

Untuk transportasi darat, khususnya bus, baik bus umum ataupun pariwisata telah disediakan lebih dari 30.000 unit, serta 113 terminal di seluruh Indonesia yang dilayani langsung oleh Kementerian Perhubungan. Sementara di daerah-daerah juga akan tersedia banyak terminal yang akan beroperasi.

Sedangkan untuk transportasi laut, sudah disediakan lebih dari 214 kapal, baik untuk pelayaran ataupun penyebrangan.

Bagi masyarakat Kalimantan atau Sulawesi, sudah disiapkan lebih dari 107 kapal perintis, di mana masyarakat dapat menggunakannya dengan tarif yang telah disubsidi pemerintah. Tidak hanya itu, tersedia pula lebih dari 1200 kapal swasta yang bekerja sama dengan para operator kapal.

Adita menambahkan, telah tersedia 615 kereta api antarkota di 192 stasiun pada Kamis (4/4/2024).

“Dan untuk kereta api sendiri ada 615 kereta api antarkota per hari ini di 192 stasiun. Jadi, ini yang sudah kami siapkan,” katanya.

Di samping itu, terkait penerbangan, Kemenhub telah menyediakan 420 unit pesawat dan 51 bandar udara (bandara) yang akan melayani di seluruh Indonesia, di mana dikelola oleh Kementerian Perhubungan atau BUMN.

Sebagai informasi, pesawat merupakan salah satu armada yang demand-nya sangat tinggi pasca Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)