HUT RI, Ketua KPK Firli Bahuri Ajak Anak Bangsa Berantas Korupsi

Senin, 17 Agustus 2020 - 08:43 WIB
loading...
HUT RI, Ketua KPK Firli Bahuri Ajak Anak Bangsa Berantas Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri turut memperingati HUT ke-75 RI , hari ini. Menurutnya, makna merdeka bagi bangsa Indonesia yakni harus benar-benar bersih dari tindak pidana korupsi.

"Saya berpendapat bahwa merdeka itu ketika bangsa dan negara kita benar-benar bersih dan bebas dari segala bentuk korupsi," ujar Firli dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/8/2020).

Firli berharap di momen ini semua pihak dapat berkomitmen memberantas korupsi dengan semangat kemerdekaan. "Dengan semangat Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, mari, kita semua, seluruh anak bangsa di negeri ini, harus terus berkomitmen untuk memberantas korupsi," jelasnya.

( ).

Berbicara penegakan hukum, KPK sudah tentu tidak dapat berjalan sendiri melakukan tugas dan kewajibannya sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di negeri ini.

Peran aktif serta dukungan seluruh eksponen bangsa sangat diperlukan dalam perang melawan laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah menjadi penyakit kronis di Republik ini.

"Nilai-nilai perjuangan para pejuang kemerdekaan mereka, adalah pelajaran berharga yang tak lekang oleh waktu apalagi tergerus perkembangan zaman sehingga selalu dapat dijadikan pelecut semangat bagi bangsa ini untuk menyelesaikan ragam persoalan yang datang silih berganti, serta permasalahan mendasar di Republik ini yaitu laten korupsi dan perilaku koruptif yang berurat akar di setiap sendi kehidupan bangsa," kata Firli.

( ).

Maka dari itu, dengan andil segenap anak bangsa yang memiliki integritas kuat dengan moral, etika serta nilai-nilai agama, ketuhanan dan kejujuran menjadi karakter, ditambah tiga strategi pemberantasan korupsi KPK yaitu pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset dan culture set baru antikorupsi, pendekatan pencegahan yang tujuan utamanya menghilangkan kesempatan dan peluang untuk korupsi, dan pendekatan penindakan.

Ketiganya adalah core business KPK dalam pemberantasan korupsi serta dilaksanakan secara holistik, integral sistemik, dan sustainable sehingga perang dan menang melawan penjajah bernama korupsi bukanlah sekadar mimpi atau impian, namun dapat terwujud nyata sehingga Indonesia bersih dari segala bentuk korupsi

(Lihat Juga Foto: Dihelat Sederhana, Warga Gang Bidan Kebayoran Lama Sambut HUT ke-75 RI ).

"My country have given everything to me, so it is time for me to pay back to my state, my people and my lovely country NKRI."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)