Menko PMK Cek Kesiapan GT Tol Kalikangkung Hadapi Arus Mudik Lebaran

Kamis, 04 April 2024 - 09:57 WIB
loading...
Menko PMK Cek Kesiapan GT Tol Kalikangkung Hadapi Arus Mudik Lebaran
Menko PMK Muhadjir Effendy mengecek Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2024 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah. Foto/MPI/binti mufarida
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2024 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah. Pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Muhadjir menegaskan, semua pihak secara umum siap menghadapi arus mudik Lebaran khususnya di Jawa Tengah. “Secara umum persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah menurut saya sudah sangat bagus. Saya mengapresiasi Polda Jateng yang telah melakukan langkah-langkah cermat,” ungkapnya, Kamis (4/4/2024).

Saat melakukan pengecekan, Muhadjir didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta jajarannya.



“Jawa Tengah tumpuan arus mudik di mana nantinya para pemudik akan melewati Gerbang Tol Kalikangkung kemudian terpecah menuju ke Jawa Timur maupun ke daerah selatan Pulau Jawa seperti Yogyakarta dan sekitarnya. Jika penanganan mudik di wilayah Jawa Tengah ini berhasil, kita telah menyelesaikan 50% urusan mudik,” ujarnya.



Muhadjir menyebut setiap rest area akan disediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, termasuk fasilitas lainnya untuk lansia dan difabel. “Ini penting karena kita harus memberikan prioritas kepada para pengendara yang rentan termasuk ibu yang sedang menyusui, anak dan lansia serta yang difabel,” ungkapnya.

Muhadjir juga berpesan kepada seluruh pemudik untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pada saat singgah di rest area supaya penumpukan jumlah kendaraan dapat dihindari. “Pesan saya kepada para pemudik pada kesempatan ini saya ingatkan untuk betul-betul memanfaatkan rest area sekedarnya saja jangan berlama-lama patuhi batas waktu yang telah ditentukan,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)