Sepuluh Jenis Pohon Pilihan untuk Penghijauan

Kamis, 01 November 2018 - 14:43 WIB
Sepuluh Jenis Pohon Pilihan untuk Penghijauan
Sepuluh Jenis Pohon Pilihan untuk Penghijauan
A A A
Penghijauan menjadi salah satu program pemerintah guna menciptakan lingkungan asri. Untuk mendukung hal ini telah dilakukan penanaman pohon di berbagai tempat.
Berikut beberapa pohon pilihan untuk penghijauan berdasarkan survei Litbang KORAN SINDO.

CEMARA

Selain difungsikan untuk penghijauan, pohon cemara juga berfungsi untuk keindahan. Bentuknya yang cantik dapat menyegarkan pandangan mata.Tinggi pohon ini bisa mencapai 20 meter. Dengan kondisinya yang rindang, pohon ini mampu menghisap polutan.

PINUS
Hutan pohon pinus biasa dijadikan lokasi wisata. Banyak masyarakat tertarik untuk berswafoto di lokasi wisata tersebut karena keindahannya. Sekumpulan pohon pinus yang ditanam teratur bisa membuat sebuah pemandangan menakjubkan.

PALEM
Pohon palem biasa dijumpai di pinggir jalan kompleks perumahan. Pohon yang tidak bercabang ini bisa tumbuh hingga 20 meter. Dua jenis pohon palem yang biasa ditanam adalah palem putri dan palem raja. Beberapa jenis pohon palem lainnya juga bisa digunakan sebagai pohon hias di pekarangan rumah seperti palem kuning, palem merah, serta palem botol.

MAHONI
Mahoni menjadi salah satu pohon yang biasa digunakan sebagai peneduh jalan. Pohon ini juga terbukti mampu mengurangi polusi udara selain fungsinya sebagai pohon penghijauan. Mahoni termasuk dalam kriteria pohon besar karena tingginya yang bisa mencapai 35-40 meter.

ANGSANA

Pohon ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 40 m. Pohon ini memiliki daun majemuk serta memiliki bunga berwarna kuning harum semerbak. Angsana memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk penghijauan, seratnya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan seperti kursi jalin, kotak pensil, dan lainnya.

TREMBESI
Pohon dengan bentuk batang besar dan bisa berumur hingga ratusan tahun ini konon berasal dari Amerika Serikat. Memiliki tinggi dengan ukuran 20 hingga 30 meter, pohon ini juga memiliki bunga indah saat bermekaran. Akar pohon ini juga besar dan menyebar hingga bisa merusak jalanan karena akar yang timbul di atas permukaan tanah.

CERI/KERSEN

Pohon ceri atau kersen memiliki tinggi 5 hingga 10 meter. Selain bisa dimanfaatkan buahnya, pohonnya juga sering digunakan untuk berteduh. Pohon ini biasa tumbuh secara liar di tepi jalan.

DAMAR
Pohon damar merupakan salah satu pohon asli dari Indonesia. Salah satu hal yang terkenal dari pohon damar ini adalah getahnya. Getah damar ini biasa diolah menjadi bahan baku di berbagai industri. Ciri-ciri pohon ini adalah memiliki tinggi yang bisa mencapai 65 meter. Selain getahnya, pohon damar ini juga biasa dijadikan sebagai pohon penghijauan dan peneduh.

JATI
Kayu dari pohon jati ini memiliki nilai jual tinggi dengan kualitas yang sangat bagus. Kayu jati acap dimanfaatkan membuat berbagai barang keperluan rumah tangga, dari pintu, meja makan, kursi bahkan rumah. Selain itu jati bisa dimanfaatkan sebagai pohon penghijauan karena memiliki bentuk besar dengan tinggi hingga 40 meter.

TANJUNG
Pohon ini memiliki ukuran sedang dan bisa tumbuh hingga 25 meter. Daunnya berbentuk tunggal, tersebar dan bertangkai panjang. Berbeda dengan pohon sebelumnya, kayu dari pohon tanjung ini biasa dimanfaatkan untuk membuat perkakas, ukiran, patung, dan lainnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3646 seconds (0.1#10.140)