Perpanjangan Pusat di Daerah, Gubernur Harus Ciptakan Rasa Optimistis

loading...
Perpanjangan Pusat di Daerah, Gubernur Harus Ciptakan Rasa Optimistis
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menegaskan, optimisme sepatutnya dimiliki elemen bangsa. Karena setiap ada kemauan dan optimisme, pasti ada jalan. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menegaskan, rasa optimisme sepatutnya dimiliki segenap elemen bangsa. Karena menurutnya, setiap ada kemauan dan rasa optimisme membangun negeri ini, pasti ada jalan keluar.

(Baca juga: Bertambah 800 Orang dalam Sehari, 76.327 Suspek Corona di Indonesia)

"Gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, tentu harus patuh terhadap kebijakan Presiden, apalagi di masa pandemi sekarang," tegas Olly, Sabtu (15/8/2020). (Baca juga: Obat Covid-19 Pertama di Indonesia Tinggal Tunggu Izin Edar BPOM)

Olly menyatakan, pemerintah daerah (pemda) tidak perlu ragu untuk menghadirkan inovasi di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Fokus utamanya yakni keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing. "Pandemi jangan membuat kita mundur, tetapi harus melangkah maju melewati negara-negara lain," ujar Olly.



Olly menambahkan secara terang benderang Presiden menginginkan ada gerakan lebih cepat. Menjadikan krisis akibat pandemi sebagai titik tolak kemajuan bangsa. "Menuju sebuah era baru yang lebih baik, khususnya dari sisi ekonomi," ucap bakal calon gubernur Sulut.

Olly optimistis perekonomian di Sulut mencapai 6% pada 2021. Walau pada triwulan I tahun 2020 mengalami perlambatan dan triwulan II terkontraksi 3,89%, pertumbuhan ekonomi Sulut masih di atas rata-rata nasional. Secara kumulatif pada semester I juga masih bertumbuh positif pada angka 0,38%.

Dia mengungkapkan, dampak Covid-19 memang diperkirakan masih akan berpengaruh terhadap kondisi perekonomian, secara nasional maupun daerah. Karena itu, pendapatan daerah dari dana transfer maupun pendapatan asli daerah (PAD) diperkirakan menurun dengan kondisi normal.



Salah satu langkah yang diupayakan yakni mencari sumber-sumber pendapatan baru antara lain melalui kerja sama pemda dengan badan usaha. Olly menilai pada 2021 kondisi perekonomian daerah sudah mulai membaik.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top