BMKG: Pembangkit Rentetan Gempa Tuban-Bawean Diduga Sesar Muria

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:36 WIB
loading...
BMKG: Pembangkit Rentetan Gempa Tuban-Bawean Diduga Sesar Muria
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan pembangkit rentetan gempa Tuban-Bawean diduga akibat aktivitas Sesar Muria. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan pembangkit rentetan gempa Tuban-Bawean dengan kekuatan utama magnitudo 6,5 diawali gempa magnitudo 6,0, diperbaharui magnitudo 5,9 pada Jumat (22/3/2024) diduga akibat aktivitas Sesar Muria. Hal itu dikatakan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lewat akun media sosial pribadinya, Sabtu (23/3/2024).

“Pembangkit Gempa Bawean M5,9 dan M6,5 pada 22 Maret 2024 diduga Sesar Muria (Laut) menurut Peter Lunt,” katanya.

Daryono melaporkan dari hasil monitoring Gempa Bawean oleh BMKG hingga Sabtu pukul 12.00 WIB, tercatat sebanyak 167 kali gempa. “Frekuensi kejadian yang semakin jarang, jika kemarin dalam satu jam mencapai 19 kali gempa, data terkini tunjukkan 1 jam hanya 3 gempa. Semoga kondisi segera stabil dan aman kembali,” ujarnya.

BMKG: Pembangkit Rentetan Gempa Tuban-Bawean Diduga Sesar Muria






Daryono pun menjelaskan mengapa Gempa Bawean banyak gempa susulan. “Gempa Bawean banyak susulannya karena karakter gempa kerak dangkal Bawean terjadi di batuan kerak permukaan yang batuannya heterogen sehingga rapuh mudah patah, berbeda dengan gempa kerak samudra yang batuan homogen-elastik miskin gempa susulan,” katanya.

“Gempa susulan lazim terjadi pasca gempa kuat, bukan untuk ditakuti. Banyaknya gempa susulan merupakan gambaran kondisi batuan yang rapuh mudah deformasi. Gempa susulan yang banyak justru dapat memberi informasi peluruhan sehingga kita jadi tahu aktivitas gempa akan segera berakhir,” jelas Daryono.



Lebih lanjut, Daryono mengatakan wilayah Pulau Bawean dan sekitarnya berada pada zona suture yang mengindikasikan jejak keberadaan sesar-sesar utama yang berusia tua. “Gempa Bawean M5,9 dan 6,5 pada 22 Maret 2024 menjadi bukti bahwa jalur sesar di Laut Jawa masih aktif, sekaligus menjadi pengingat kita agar selalu waspada terhadap keberadaan sesar aktif dasar laut yang jalurnya dekat pulau berpenduduk, karena gempa dapat terjadi dan berulang kapan saja.”

“Sebagian contoh rangkaian sejarah gempa merusak di Jatim Utara dan estimasi kekuatannya. Pelajaran yang dapat kita ambil, bahwa ancaman gempa tidak hanya berasal dari selatan (subduksi lempeng atau megathrust) tetapi juga dari sesar aktif di daratan dan di laut utara Jatim,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)