Airlangga Dinilai Paling Punya Peluang Pimpin Koalisi Besar

Jum'at, 22 Maret 2024 - 23:33 WIB
loading...
Airlangga Dinilai Paling Punya Peluang Pimpin Koalisi Besar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai paling punya peluang memimpin koalisi besar. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai paling punya peluang memimpin koalisi besar . Diketahui, lahirnya wacana koalisi besar yang akan mengawal pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai ramai diperbincangkan.

Terlebih, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani yang mengungkapkannya ke publik belum lama ini. Muzani menuturkan bahwa keberadaan koalisi besar sangat penting untuk menyukseskan program-program besar yang akan dijalankan Prabowo-Gibran.

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengamini lahirnya koalisi besar itu. Dia berpendapat, jika membaca pemerintahan sebelumnya atau yang saat ini sedang berjalan, maka ada kelebihan jika wacana koalisi besar tersebut benar-benar terealisasi.



"Kelebihan yang dimaksud yakni stabilitas dan efektifitas putusan politik. Sehingga pemerintah dimudahkan dalam menjalankan pekerjaan pembangunan," kata Dedi, Jumat (22/3/2024).

Menurut dia, sangat mungkin peluang koalisi besar itu terwujud. Akan tetapi tentu dengan catatan dilakukan secara proporsional.

Partai pengusung Prabowo-Gibran harus mendapat porsi yang sesuai dengan kinerja politik mereka, utamanya dalam hal pemenangan. "Secara khusus Golkar (mesti mendapat porsi lebih), mengingat Golkar adalah partai terbesar sekaligus representasi Gibran," jelas Dedi.

Dedi melanjutkan, artinya cukup rasional jika Golkar dilibatkan dalam putusan penting koalisi besar tersebut. Bahkan Golkar bisa saja dianggap sebagai pemimpin koalisi besar karena jumlah kursi partai yang identik dengan warna kuning itu di parlemen yang terbesar dalam koalisi.



"Di luar itu, partai penantang di pilpres utamanya PKB dan Nasdem sejauh ini tidak miliki persoalan dan pertentangan dengan kelompok Prabowo-Gibran, untuk itu wacana koalisi besar cukup mudah dijalankan," kata Dedi.

Disinggung tentang kans Airlangga Hartarto yang menjadi ketua koalisi besar, Dedi menyatakan bahwa cukup besar. Sebab, Menko Prekonomian itu tidak hanya memimpin partai pendukung Prabowo-Gibran dengan jumlah kursi terbesar, Presiden Jokowi juga memiliki kepercayaan yang tinggi pada Airlangga.

"Kinerja Airlangga dinilai cukup baik dalam mengawal sektor perekonomian dalam negeri jadi peluangnya cukup besar memimpin koalisi besar. Ini menandai jika Jokowi akan ada di pihak Golkar, termasuk soal penyusunan kabinet," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)