alexametrics

Kampanye Damai Pemilu 2019

Usai Bacakan Deklarasi Jokowi Gandeng Prabowo, Sandiaga Tuntun Ma'ruf

loading...
Usai Bacakan Deklarasi Jokowi Gandeng Prabowo, Sandiaga Tuntun Maruf
Capres petahana Jokowi menggandeng tangan Prabowo Subianto seusai Deklarasi Kampanye Damai di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018). Foto: iNews
A+ A-
JAKARTA - Dua pasangan peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 bersama partai politik pendukungnya, mendeklarasikan kampanye damai di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018). Pembacaan deklarasi bertajuk 'Kampanye Anti Politisasi SARA, Hoax dan Politik Uang' itu dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman.

Setelah pembacaan Deklarasi Kampanye Damai, para komisioner KPU, Bawaslu, dan kedua pasangan capres dan cawapres, melepaskan burung Merpati sebagai simbol perdamaian. Setelah itu pasangan capres menandatangani deklarasi damai.

Setelah Jokowi dan Prabowo menandatangani prasasti Deklarasi Kampanye Damai, mereka turun dari panggung untuk kembali ke kursi VIP.

Saat turun dari panggung terlihat momen indah yang seakan menunjukkan bahwa pilpres berlangsung damai. Jokowi tiba-tiba menggandeng tangan Praboowo. Keduanya berjalan beriringan. "Mantap," kata Jokowi pada Prabowo sambil tersenyum.

Prabowo pun membalas senyum Jokowi bersama-sama menuju kursi masing-masing. Prabowo sempat mengangkat kirinya menyambut tepukan para tamu dan pengunjung yang hadir.

Sementara itu, cawapres Sandiaga Uno juga tampak menuntun cawapres Ma'ruf Amin menuruni panggung. Usai itu Sandi tampak mencium tangan Ma'ruf dengan hormat. Keduanya tampak bercakap-cakap sebentar sebelum menuju ke kursi masing-masing.

Berikut isi Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019:
Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2019, kami peserta pemilu tahun 2019 berjanji:
1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil;
2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, bebas dari hoaks, politisasi SARA, dan politik uang;
3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak