Suara PSI Tiba-tiba Naik, Pengamat: Puluhan Lembaga Survei Sebut Tak Lolos Parlemen

Sabtu, 02 Maret 2024 - 21:42 WIB
loading...
Suara PSI Tiba-tiba Naik, Pengamat: Puluhan Lembaga Survei Sebut Tak Lolos Parlemen
Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menyinggung perolehan suara PSI yang makin naik seperti yang ditampilkan Sirekap KPU. Foto: SINDOnews TV
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menyinggung perolehan suara PSI yang makin naik seperti yang ditampilkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU. Sebelumnya berdasarkan hasil quick count lembaga survei suara PSI hanya kisaran 2 persen.

"Lembaga survei setahu saya nanti boleh dikroscek termasuk Voxpol, di 5 televisi nasional kemarin itu tidak ada yang namanya PSI itu lolos ambang batas. Kita hanya ketemukan 2,8 persen," ujar Pangi dalam tayangan SINDOnews TV, Sabtu (2/3/2024).

Berdasarkan 19 penghitungan 19 lembaga survei, tidak ada partai politik peserta pemilu yang menolak hasil itu.



"Pertanyaannya sederhana dari 19 lembaga survei yang quick count, kalau tidak percaya dengan hasil quick count kenapa tidak ada satu pun partai yang menolak hasil itu. Tapi, partai kan menerima hasil itu nah termasuk Pilpres," katanya.

Pada laman aplikasi Sirekap tercatat, Kamis 22 Februari 2024 suara PSI masih berada di 2,55 persen. Selanjutnya naik pada Kamis 29 Februari 2024 di angka 2,93 persen.

Yang terbaru masih pada laman sama, pada 2 Maret 2024, real count KPU menyebutkan capaian suara PSI di angka 3,13 persen. Perolehan suara itu setara 2,4 juta suara.

Pangi heran capaian PSI yang tembus di angka 3 persen itu jika dibandingkan hasil quick count setara mengumpulkan 2 juta suara. Dia menduga ada pengalihan suara partai politik lain untuk PSI.

"Kalau di angka margin of error-nya itu baru angka 3,8 persen. Nah, untuk mencari angka kekurangan 1,2 persen itu kan setara dengan 2,2 juta suara. Pertanyaannya apakah ada yang berternak tuyul suara kan itu persoalannya," katanya

Sebagai informasi, partai peserta pemilu harus memperoleh suara nasional dengan presentase 4 persen untuk bisa lolos ke Senayan.

Menurut dia, hal yang wajar jika nantinya masyarakat mempertanyakan perolehan suara PSI itu kian naik, bahkan akhirnya lolos ke Senayan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)