Kapuskes Haji Pastikan Tak Ada Korban Badai Pasir di Arafah

Senin, 20 Agustus 2018 - 13:03 WIB
Kapuskes Haji Pastikan Tak Ada Korban Badai Pasir di Arafah
Kapuskes Haji Pastikan Tak Ada Korban Badai Pasir di Arafah
A A A
JAKARTA - Pusat Kesehatan Haji (Puskes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan tidak ada korban dalam badai pasir yang disertai hujan di Padang Arafah, Arab Saudi, Minggu 19 Agustus 2018.

Kepastian itu berdasarkan atas keterangan tenaga media di lapangan yang menyatakan belum ada korban dari badai pasir tersebut. "Tidak ada korban sejauh ini. Listrik juga sudah normal kembali," ungkap Kapuskes Haji Kemenkes, Eka Jusuf Singka kepada SINDOnews, Senin (20/8/2018) dini hari.

Eka menjelaskan, aliran listrik terpaksa diputus guna menghindari hal yang tidak diinginkan ketika cuaca buruk. "Saya sudah bicara dengan Muassasah, dan mereka katakan listrik memang sengaja dimatikan guna menghindari hal buruk," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan aliran listrik di wilayah Padang Arafah mati setelah badai pasir mendera wilayah tersebut. Listrik mati sejak setelah magrib hingga pukul 10.10 waktu Arab Saudi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan yang masuk tentang tenda yang roboh atau jamaah haji yang menjadi korban badai pasir yang disertai hujan itu.

"Di Padang Arafah kami punya klinik kesehatan, tenda tersendiri yang kami sewa. Ukuran 20 x 15 meter yang disewa oleh Kemenkes lengkap dengan genset dan standing AC tambahan sehingga ruangan dalam tenda menjadi dingin. Tahun lalu sangat panas, kasihan jamaah haji," tutur Eka.

Dia menambahkan, tahun ini juga untuk pertama kalinya Kemenkes memperoleh kesempatan memarkir ambulans di Musdalifah sebanyak empat unit.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7101 seconds (0.1#10.140)