Di Bayangan Jokowi, Konser-konser Besar Diadakan di IKN Setelah Fasilitasnya Sudah Komplet

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:51 WIB
loading...
Di Bayangan Jokowi, Konser-konser Besar Diadakan di IKN Setelah Fasilitasnya Sudah Komplet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayangkan Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa menjadi tempat konser besar setelah fasilitasnya sudah komplet. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayangkan Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa menjadi tempat konser besar setelah fasilitasnya sudah komplet. Dia menekankan bahwa perjalanan dari Balikpapan ke IKN akan sangat dipersingkat dengan adanya dua infrastruktur pendukung konektivitas seperti jalan tol dan bandara selesai.

"Tolong nanti dilihat setelah bulan Juni, begitu tolnya selesai, begitu nanti airport-nya selesai, dari airport ke sini hanya 15 menit. Begitu tol selesai, dari Balikpapan ke sini 45 menit," kata Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Jokowi mengatakan bahwa fasilitas jalan tol dan bandara diharapkan dapat menarik masyarakat ataupun turis untuk mengunjungi IKN. "Dan kita harapkan kota nusantara ini akan menjadi sebuah kota yang hidup tidak hanya urusan pemerintahan, tapi di bayangan saya kalau fasilitas-fasilitas sudah komplet, konser-konser besar nanti akan bisa diadakan di IKN," kata Jokowi.



Dia pun mengingatkan pentingnya pengelolaan Ibu Kota Nusantara agar tidak kehilangan kendali seperti beberapa ibu kota baru di negara lain. Jokowi menekankan konsep forest city dan smart city sebagai fondasi utama pengembangan IKN sebagai kota yang berkelanjutan, bebas polusi, dan didukung oleh transportasi umum berbasis listrik.

Dia juga mengapresiasi langkah Bank Mandiri yang akan memulai pembangunan gedung untuk layanan digital, mengingat potensi besar ekosistem digital di Indonesia, antara lain terlihat dari jumlah pengguna platform Livin' Bank Mandiri yang sudah mencapai 23 juta. Dia berharap pembangunan tersebut akan mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan menarik digital nomad dari berbagai belahan dunia untuk hidup di Ibu Kota Nusantara.

"Kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun itu akan mendatangkan digital nomad untuk hidup di nusantara ini karena kota ini akan berbeda dengan kota-kota lain di dunia. Tidak ramai tetapi hidup, tidak ada polusi karena semuanya menggunakan kendaraan listrik dan transportasi umum listrik," jelasnya.

Jokowi dalam acara itu didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Hadir juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar,Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)