Kesiapan PDIP Menangkan Pilkada 2020 Diukur dari Cara Kerja Partai

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 06:05 WIB
loading...
Kesiapan PDIP Menangkan Pilkada 2020 Diukur dari Cara Kerja Partai
Peneliti Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisah Putri Budiarti mengataka, apa yang ditunjukkan PDIP membuktikan bahwa partai ini paling siap. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDIP telah mengumumkan pasangan calon yang bertarung di Pilkada 2020 secara bergelombang. Langkah PDIP ini diyakini efektif meraih kemenangan bahkan untuk menjadi juara umum pilkada.

Peneliti Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisah Putri Budiarti mengataka, apa yang ditunjukkan PDIP membuktikan bahwa partai ini paling siap. Ia pun melihat cara kerja partai berlambang banteng moncong putih ini rapih. (Baca juga: Daftar Lengkap Penerima Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi)

"Hal ini menunjukkan kesiapan dan kerja partai terlihat lebih rapih dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal," ujar Putri saat dikonfirmasi, Kamis (13/7/2020).

Dia menuturkan, kesiapan tersebut bukan saja saat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengumumkan hasil dukungannya tapi sudah dari beberapa bulan sebelumnya. "Kelihatan dari beberapa bulan sebelumnya yang memperlihatkan kalau PDIP membuka pendaftaran bagi calon, pengurus partai di tingkat daerah menjalankan mekanisme seleksi internal, dan lainnya," tutur Putri.

PDIP, lanjut dia, menunjukkan kepercayaan tinggi sebagai partai pemenang pada Pilkada 2020 ini. Tentunya menunjukkan keinginan menang yang sangat tinggi.

"PDIP dapat dikatakan mengawal calon pilihannya sendiri dan tidak sekadar ikut-ikut mendorong calon partai lain yang sudah terbentuk. Dalam konteks ini, meskipun tentu saja banyak calon PDIP diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama calon atau setidaknya yang paling awal mengusung calon," jelas Putri.

Selain itu, apa yang dilakukan partai berlambang banteng bermoncong putih itu menunjukkan cara kerja PDIP dalam Pilkada 2020. "Hal ini menunjukkan PDIP sebagai partai yang berstrategi dalam Pilkada," kata Putri.

Menurut dia, dengan mengumumkan lebih awal, PDIP punya waktu yang lebih banyak untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya dengan tepat. (Baca juga: Pidato Kenegaraan Jokowi Hanya Disaksikan Menko Tanpa Mantan Presiden)

"Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada besok," pungkas Putri.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)