Viral Konvoi Kendaraan Tempur Disebut Terapkan Darurat Keamanan, TNI AD: Hoaks!

Selasa, 27 Februari 2024 - 18:09 WIB
loading...
Viral Konvoi Kendaraan Tempur Disebut Terapkan Darurat Keamanan, TNI AD: Hoaks!
Viral di media sosial X yang memperlihatkan video iring-iringan Kendaraan Tempur (Ranpur) TNI di jalan raya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial X yang memperlihatkan video iring-iringan Kendaraan Tempur (Ranpur) TNI di jalan raya. Akun @Bantoro_Boediantar4 menarasikan, bahwa seolah-olah pemerintah melalui TNI menerapkan Darurat Keamanan Nasional di depan Kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu).

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi menegaskan, cuitan akun tersebut merupakan berita bohong atau hoaks yang dapat memprovokasi masyarakat.

"Untuk itu, masyarakat kami imbau agar tidak mudah terprovokasi isu isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan dapat menyesatkan opini masyarakat," kata Kristomei, Selasa (27/2/2024).



Kristomei menjelaskan, video tersebut merupakan rekaman video masyarakat yang mengabadikan iring-iringan Ranpur TNI saat melintas di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dalam rangka Parade Alutsista pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI, tanggal 5 Oktober 2023 lalu.

"Sama sekali tidak terkait dengan pengamanan Pemilu ataupun mengatasi demo di depan Bawaslu seperti yang dinarasikan akun tersebut," katanya.

Kristomei sangat menyayangkan informasi Hoaks yang dicuitkan oleh akun X @Bantoro_Boediantar4. Ia menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak yang bertanggung jawab dalam penanganan informasi Hoaks.

"Sebab, postingan tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan dan berpotensi mengganggu kondusivitas keamanan masyarakat," katanya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)